Sukses

Health

3 Gerakan Stretching agar Tidak Kram saat Berenang

Fimela.com, Jakarta Berenang adalah salah satu olahraga yang disukai banyak orang. Entah memang benar-benar berenang dengan gerakan yang pasti, atau hanya bermain air saja. Tapi saat berenang rentan terkena kram pada bagian perut ataupun bagian tubuh lainnya. 

Biasanya kram sering terjadi karena tidak melakukan pemanasan sebelum berenang, atau bisa juga karena perut yang penuh karena makan. Kram bisa menjadi sangat fatal, apalagi jika tiba-tiba terjadi kram saat di dalam air. Nah, agar terhindar dari kram secara tiba-tiba, Sahabat Fimela bisa melakukan 3 gerakan stretching seperti yang telah dikutip dari laman halodoc.com ini. Yuk, simak selengkapnya berikut ini. 

1. Alternative Plantar Fascia Relieve

Gerakan pemanasan yang satu ini membutuhkan bola tenis sebagai media pembantu. Cara melakukan gerakan ini sangat mudah, yaitu hanya dengan menaruh bola tenis di bawah telapak kaki, lalu kamu bisa gerakkan atau gelindingi bola tersbeut dengan telapak kakimu. Pastikan juga telapak kaki tidak tegang dan meregang agar posisi jari-jari kaki ke atas. Gerakan ini berfungsi agar kaki tidak mengalami kram saat berenang.

2. Plantar Fascia Stretch

Gerakan yang satu ini hampir mirip dengan alternative plantar fascia relieve, namun gerakan yang ini tidak butuh bantuan bola tenis. Cara melakukan stretching ini adalah dengan menempelkan telapak kaki ke dinding sebagai sandarannya. Tempelkan jari-jari kakimu ke dinding dan berikan sedikit tekanan dengan menekuknya. Gerakan satu ini membantu mengurangi resiko kram pada kaki karena telapak kaki adalah salah satu bagian tubuh yang rentan terkena kram.

3. Gastrocnemius Stretch

Jika sudah melakukan 2 gerakan stretching di atas, jangan lupakan gerakan satu ini, yaitu gastrocnemius stretch. Gerakan ini dilakukan dengan berdiri menggunakan satu kaki di depan, lalu kaki lainnya yaitu di belakang. Posisi kaki harus lurus hingga tumit menyentuh lantai. Tahan posisi ini selama beberapa detik dan lakukan berulang selama beberapa kali. 

Nah, itu dia 3 gerakan pemanasan atau stretching yang dapat membantu mengurangi resiko terkena kram. Sebelum melakukan stretching, pastikan juga tubuhmu sudah terhidrasi dengan cukup, ya. 

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading