Sukses

Health

Kenali Kista Ateroma, Benjolan di Bawah Kulit yang Harus Kamu Ketahui

Fimela.com, Jakarta Mungkin kamu sudah familiar dengan istilah kista. Kista sendiri adalah pembengkakan pada jaringan tubuh yang di dalamnya berongga dan berisi cairan kental menyerupai bubur. Kista yang paling sering dijumpai dan mungkin paling kamu kenal adalah kista ovarium. Kista ovarium sendiri adalah kantong berisi cairan yang tumbuh pada ovarium (indung telur) wanita.

Kista ateroma sebenarnya punya pengertian yang sama dengan kista pada umumnya. Kista ateroma adalah benjolan atau kista lunak yang tumbuh di bawah kulit. Kista yang satu ini lebih mudah terlihat dan dikenal dibandingkan dengan kista ovarium.

Kista ateroma seringkali tumbuh di leher, punggung, atau paha. Kista ini sebenarnya tidak menular atau terasa nyeri, namun bisa terinfeksi. Kista ateroma yang terinfeksi akan terasa nyeri ketika disentuh serta membengkak dan kemerahan.

Kalau kamu belum memahami mengenai kista ateroma, maka simak penjelasan mengenai penyebab, gejala serta pengobata kista ateroma berikut ini.

Penyebab Kista Ateroma

Kista ateroma disebabkan oleh kerusakan atau penyumbatan pada kelenjar sebasea atau kelenjar yang berfungsi mengeluarkan minyak (sebum) pada kulit. Sejumlah kondisi yang bisa menyebabkan kelenjar sebasea rusak atau tersumbat antara lain:

  • Garukan atau goresan
  • Luka operasi
  • Masalah kulit, seperti jerawat
  • Faktor genetik, seperti sindrom Gardner atau sindrom Gorlin-Gotz
  • Infeksi human papillomavirus (HPV)

Gejala Kista Ateroma

Gejala dari kista ateroma adalah muncul benjolan di bawah kulit tapi benjolan tersebut tidak terasa nyeri. Ukurannya biasanya kecil namun lama kelamaan bisa membesar.

Kista ateroma biasanya tumbuh di kepala, leher, dada, paha bagian dalam, atau punggung. Kista ini teraba lunak dan bisa digerakkan. Isi kista itu sendiri adalah campuran sebum, sel-sel mati, dan keratin.

Isi kista umumnya berwarna putih kekuningan, bertekstur kental, dan berbau tidak sedap. Jika terinfeksi, isi kista bisa disertai dengan nanah.

Pengobatan Kista Ateroma

Apakah kista ateroma berbahaya? Sebenarnya benjolan ini tidak berbahaya, namun kamu tetap harus periksakan ke dokter apabila benjolan tersebut kian lama kian membesar dan terasa nyeri. Kista ateroma juga bisa terinfeksi dan akhirnya terisi dengan nanah.

Dokter akan memberikan penanganan seperti operasi untuk mengangkat kista ateroma tersebut. Setelah menjalankan operasi, dokter akan memberikan obat-obatan antibiotik baik dalam bentuk salep maupun obat minum untuk mencegah terjadinya infeksi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading