Sukses

Health

Hailey Bieber Idap Kista Ovarium, Kenali Gejalanya

Fimela.com, Jakarta Kista ovarium bukan fenomena baru, tapi sangat populer belakangan ini setelah Hailey Bieber mengungkapkan diagnosisnya sendiri. Singkatnya, kista ovarium adalah kantung berisi cairan yang berkembang di ovarium.

Mereka bisa berkembang selama siklus menstruasi dan pasca-menopause. Menurut NHS, kista ovarium bisa memengaruhi satu atau kedua ovarium.

Penyebabnya seringkali tidak diketahui, walaupun bisa karena kondisi medis seperti endometriosis atau PCOS. Struktur indung telur berubah selama siklus menstruasi, saat folikel yang berbeda berkembang dan terjadi ovulasi.

Folikel seperti kita ini bisa berukuran hingga 30mm pada waktu yang berbeda dari siklus menstruasi, dan ini normal. Kista ini lebih jarang terjadi pada mereka yang menggunakan pil kontrasepsi, karena ini menekan ovulasi.

 

Kista Ovarium

Kista kanker cenderung lebih umum setelah menopause, tapi ada beberapa jenis yang bisa memengaruhi kelompok usia yang lebih muda. Sebagian besar kista ovarium tidak menimbulkan gejala apapun.

Gejala yang paling umum untuk kista adalah nyeri panggul atau perasaan tertekan di perut bagian bawah atau panggul. Jika kista tiba-tiba rusak atau terpelintir, maka bisa muncul dengan rasa sakit yang parah dan datang dengan cepat.

Walaupun sebagian besar kista ovarium tidak bersifat kanker, penting untuk menemui dokter jika kamu mengalami salah satu dari beberapa gejala, seperti sakit perut, peningkatan frekuensi buang air kecil, kelelahan yang tidak bisa dijelaskan, perubahan kebiasaan buang air besar, dan nafsu makan berkurang. Banyak kista ovarium akan hilang dengan sendirinya dan karenanya tidak memerlukan pengobatan.

Namun, kista jinak yang lebih besar mungkin perlu diangkat. Setiap jenis kista yang mencurigakan dengan ukuran berapapun akan memerlukan perawatan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading