Sukses

Health

Bolehkah Pakai Kondisioner Setiap Hari Tanpa Sampo? Ini Kata Ahli

Fimela.com, Jakarta Selama ini kita mengenal kondisioner untuk dipakai setelah keramas. Kondisioner bermanfaat membuat rambut lebih sehat, lembut dan lembab. Bagi mereka yang memiliki masalah rambut kering, sangat disarankan untuk memakai kondisioner secara rutin. Tapi, bagaimana bila penggunaan kondisioner ini dilakukan setiap hari bahkan tanpa kita keramas menggunakan sampo terlebih dahulu?

Menggunakan Kondisioner Setiap Hari

Mengutip dari laman bestlifeonline.com, beberapa ahli mengungkapkan jika tidak masalah menggunakan kondisioner setiap hari. Apalagi, untuk mereka yang memiliki rambut kering dan rusak. Kandungan nutrisi dalam kondisioner dipercaya bisa membantu mengatasi masalah rambut kering. Ini juga baik digunakan bahkan tanpa mencuci rambut dengan sampo sebelumnya. 

Yoram Hart, seorang dokter kulit dan kecantikan mengatakan, “Menggunakan kondisioner bisa membantumu memiliki rambut lembut, halus dan lembab. Ini baik terutama bagi mereka yang memiliki masalah rambut seperti rambut kering.”

Memakai kondisioner setiap hari berbeda dengan memakai sampo setiap hari. Tidak disarankan keramas atau mencuci rambut dengan sampo setiap hari. Karena apa? Ini dikhawatirkan bisa membuat minyak alami pada rambut berkurang drastis. Alhasil, rambut pun akan semakin kering dan rusak. Perlu kita tahu, bahan utama dari shampo adalah 10 hingga 15 persen detergen, plus, kandungan Sodium Laureth Sulfate atau Ammonium Lauryl Sulfate pada sampo yang terbukti ampuh menyingkirkan kelebihan minyak pada rambut.

Risiko Memakai Kondisioner Tanpa Sampo

Pada rambut yang bersih setelah keramas, kondisioner akan memaksimalkan kecantikan dan kelembutan rambut. Namun, jika kondisioner diaplikasikan pada rambut yang kotor karena debu pun kotoran lain, ini bisa meningkatkan risiko rambut lepek, bau tak sedap hingga iritasi kulit. Bagi pemilik jenis kulit kepala yang lembab dan rambut berminyak, ini juga rentan membuat rambut semakin kotor. Sebaiknya, pemakaian kondisioner untuk jenis kulit kepala ini tidak digunakan setiap hari. 

Sebenarnya, perawatan rambut tak hanya bisa dilakukan dengan keramas dan pemakaian kondisioner saja. Ini juga harus didukung dengan pola hidup sehat, pemilihan sampo dan kondisioner yang tepat, hindari modifikasi rambut berlebihan dan hindari penggunaan perawatan rambut mengandung zat kimia yang justru merusak rambut. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading