Sukses

Health

6 Minuman Alami yang Manjur untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Fimela.com, Jakarta Tekanan darah tinggi atau populer disebut dengan hipertensi adalah kondisi kesehatan dimana tekanan darah yang meningkat dari normalnya. Umumnya tekanan darah seseorang memang akan selalu berubah setiap melakukan aktivitas yang berbeda. Ketika kamu sedang berbaring di tempat tidur, tekanan darah kamu akan berbeda dengan ketika sedang berolahraga. Walaupun Hipertensi adalah kondisi yang umum dan kerap dialami oleh banyak orang, ini bisa menjadi penyakit yang berbahaya jika tidak ditangani dengan segera. 

Semakin tinggi tekanan darah seseorang, semakin besar pula risiko yang dimiliki untuk memunculkan masalah kesehatan lainnya yang lebih berbahaya, seperti serangan jantung dan stroke. Hati-hati, hipertensi juga sangat umum dialami oleh perempuan yang sedang mengandung. Melansir dari NHS, idealnya tekanan darah orang dewasa berada di kisaran 90/60mmHg dan 120/80mmHg. Dikatakan sebagai tekanan darah tinggi jika sudah berada pada angka 140/90mmHg. Lantas bagaimana cara menguranginya?

Gaya hidup memainkan peran penting dalam tinggi rendahnya tekanan darah seseorang. Memiliki pola gaya hidup yang sehat bisa membantu untuk mencegah atau mengurangi tekanan darah tinggi. Ini termasuk pola makan, seperti mengurangi asupan garam, kurangi minuman beralkohol, dan mengonsumsi makanan sehat kaya akan nutrisi. Namun, ada beberapa cara alami yang bisa menurunkan tekanan darah, seperti makan bawang putih atau membuat ramuan dari bahan-bahan herbal. Simak dibawah ini beberapa pengobatan alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Air Madu dan cuka apel

Madu memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang memiliki manfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Sementara cuka apel memiliki senyawa asam asetat yang dikenal bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung. Campurkan satu sendok teh madu dan 5 tetes cuka sari apel ke dalam gelas yang sudah diisi dengan air hangat. Minum campuran ini di pagi hari. Kombinasi kedua bahan ini berguna untuk mengatur tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol. 

Jus buah bit

Bit adalah sayuran berwarna merah yang memiliki kalori serta sejumlah vitamin dan mineral penting. Senyawa nitrat pada buah bit memiliki peluang untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Selain itu buah bit juga kaya akan antioksidan yang melindungi pembuluh darah dari kerusakan dan peradangan. Tak heran mengapa jus bit sering dikaitkan dengan penyakit tekanan darah tinggi, kandungan nitrat dalam bit diubah menjadi nitrit di dalam tubuh, yang berfungsi untuk vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah. Ini akan berhubungan dengan penurunan tekanan darah. 

Jus tomat

Sudah menjadi rahasia umum tomat memiliki segudang khasiat, dimulai dari kesehatan tubuh hingga perawatan kulit. Melansir dari Healthline, meminum jus tomat bisa meningkatkan tekanan darah sistolik dan diastolik, serta menurunkan kadar kolesterol LDL. Konsumsi ssatu gelas jus tomat untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung. Perlu diungat juga untuk hindari tambahan gula terlalu banyak untuk lebih mendapatkan khasiatnya secara maksimal.

Jus buah delima

Buah yang berwarna merah muda ini memiliki nutrisi penting, seperti folat dan vitamin C yang dikenal berkontribusi dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Efek dari jus delima pada penyakit hipertensi, mereka bisa membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Selain itu, buah delima juga memiliki efek anti-inflamasi yang kuat, tak heran mengapa kerap digunakan sebagai pengobatan penyakit jantung.

Kombucha

Kombucha adalah sejenis minuman yang terbuat dari teh hitam atau teh hijau yang telah difermentasi oleh bakteri dan ragi. Senyawa aktif asam glukuronat, asam glukonat, asam laktat, dan polifenol pada kombucha memiliki potensi untuk memberikan manfaat kesehatan. Kerap digunakan sebagai pengobatan dari berbagai penyakit, kombucha memiliki segudang khasiat yang bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh, termasuk tekanan darah tinggi. Walaupun hasilnya tidak memberikan perubahan yang signifikan, namun dengan rutin mengonsumsi kombucha bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. 

Jus seledri

Ramuan yang satu ini mungkin akan sedikit berbeda dan tidak semua akan suka dengan rasanya. Seledri biasa digunakan untuk bahan masakan untuk menambah cita rasa dan aroma, ternyata didalamnya terdapat khasiat yang sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Jus seledri sendiri sudah terkenal sebagai minuman sehat untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan, salah satunya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Daun seledri memiliki efek vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah, maka dari itu tak heran mengapa menjadi minuman sehat yang kerap dikonsumsi para penderita tekanan darah tinggi. Cara membuatnya sangatlah mudah, gunakan juicer atau blender untuk menggiling seledri dengan air secukupnya sampai memiliki tekstur cair. Tambahkan sedikit lemon untuk menambah rasa.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading