Sukses

Health

Waspada, Kurang Tidur Bisa Bikin Kadar Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi

Fimela.com, Jakarta Sudah cukupkah waktu tidur kamu selama ini Sahabat Fimela? Atau jangan-jangan, kamu punya kebiasaan suka begadang hingga membuatmu kurang tidur? Para ahli menyebutkan jika kurang tidur bisa berdampak buruk buat kesehatan tubuh. 

Kurang tidur bisa menurunkan kesehatan fisik pun psikis seseorang. Studi terbaru bahkan menemukan jika kurang tidur berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dan tekanan darah dalam tubuh.

Kurang Tidur Bentuk Pola Hidup Tak Sehat

Mengutip dari laman healthline.com, sebuah laporan yang diterbitkan dalam Harvard Health Journal menyebutkan jika kurang tidur sebagai salah satu bentuk pola hidup tidak sehat. Kurang tidur erat kaitannya dengan pikiran yang stres, cemas hingga depresi, pekerjaan dan aktivitas yang padat serta pola makan tidak teratur. Orang-orang dengan kebiasaan kurang tidur, juga rentan memiliki asupan nutrisi yang kurang baik di malam hari. 

Studi menyebutkan jika kurang tidur jangka pendek, akan membuat seseorang rentan terhadap ketidakseimbangan kolesterol dalam tubuh. Ini juga meningkatkan risiko diabetes serta penyakit lainnya. Studi juga menemukan jika kurang tidur dalam jangka panjang, bisa menyebabkan risiko jantung yang penting diwaspadai. 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Institute of Military Cognitive and Brain Sciences, Academy of Military Medical Sciences, Beijing, menunjukkan jika kurang tidur meningkatkan kadar kolesterol serum. Ini juga mendorong penumpukan kolesterol di hati. Para ahli juga menemuka jika kurang tidur menyebabkan otot dalam tubuh lebih kaku dan tekanan darah meningkat.

Bagaimana Memperbaiki Pola Tidur?

Meski memulai untuk memperbaiki pola tidur tidak mudah, kamu harus mengusahakannya dengan maksimal. Ada beberapa cara yang dilakukan untuk memperbaiki pola tidur. Cara tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Atur jadwal tidur. Mulai dengan mengatur lagi kapan kamu harus mengawali untuk tidur dan bangun. 
  • Mencoba rileks sebelum tidur. Bersantai dan mencoba untuk memiliki pikiran rileks sebelum tidur, akan membuat tidurmu makin baik. Ini juga akan membantumu memiliki tidur yang lebih berkualitas serta cukup setiap harinya. 
  • Miliki pola makan sehat. Pastikan untuk memiliki pola makan sehat. Cukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Seimbangkan juga nutrisi yang masuk ke tubuh, mulai dari vitamin, protein, lemak, karbohidrat hingga serat. 
  • Miliki tempat tidur yang nyaman. Tidur akan lebih berkualitas dengan tempat tidur yang nyaman, bersih dan tenang. 

Itulah sekilas mengenai bahaya kurang tidur dan bagaimana cara untuk memperoleh tidur lebih berkualitas. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk, mulai jaga pola tidurmu sehari-hari Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading