Sukses

Peringatan Konten!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Health

Serba-Serbi Disfungsi Ereksi yang Harus Diketahui dari Gejala-Pencegahannya

 

Fimela.com, Jakarta Masih banyak orang yang malu membicarakan masalah kesehatan seksual baik perempuan atau pria. Bahayanya, jika terjadi keluhan bisa terjadi keterlambatan diagnosis karena masalah sungkan dan malu tadi. Lalu, ke mana, sih, kita bisa membicarakan kondisi kesehatan terkait dengan organ reproduks? Terutama untuk pasangan kita, nih.

Jawabannya adalah ke dokter spesialis urologi yang ahli dalam mendiagnosis serta menangani masalah yang terkait dengan sistem kemih dan reproduksi pria. Serta menangani masalah yang terkait dengan sistem kemih dan reproduksi pria sehingga untuk memelihara kesehatan pasangan kita.

Dokter Spesialis Urologi dan Konsultan Andro Urologi, Endo Urologi RS Siloam ASRI, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Prof. dr. Ponco Birowo, Sp.U (K), Ph.D. menjelaskan bahwa urologi pada pria adalah salah satu bidang medis yang berfokus pada masalah yang terjadi di sistem kemih dan reproduksi pria. Hal ini mencakup berbagai macam penyakit dan kondisi kesehatan yang dapat terjadi pada organ-organ yang terlibat dalam sistem reproduksi pria. 

Penyakit Disfungsi Ereksi (Erectile Dysfunction/ED)

Dalam urologi pada pria, ada berbagai macam kondisi dan penyakit yang dapat terjadi, di antaranya disfungsi ereksi atau erectile dysfunction (ED). Penting untuk mengenali gejala awal dan menghubungi dokter segera jika seseorang mengalami masalah kesehatan reproduksi pria. Pengobatan yang tepat dan teratur akan memastikan kesehatan dan kesejahteraan jangka panjang.

Lebih lanjut, berdasarkan Jurnal Ilmiah Departemen Urologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang terbit pada tahun 2019, dari total 255 responden yang mengisi survei, 35,6% di antaranya mengalami disfungsi ereksi atau sebesar 92 responden. Oleh karena itu, penyakit disfungsi ereksi dan gangguan kesuburan pria tidak bisa dianggap remeh. Kebiasaan hidup tidak sehat, obesitas, hipertensi, dan kebiasaan merokok menjadi beberapa faktor yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami disfungsi ereksi.

Jenis Disfungsi Ereksi

Ada beberapa jenis disfungsi ereksi yang dapat diderita seseorang berdasarkan dengan penyebabnya. Berikut merupakan beberapa jenis disfungsi ereksi:

1.   Disfungsi ereksi organik: Jenis ini terjadi karena penyakit sistemik atau cacat organik yang mempengaruhi fungsi ereksi penis. Beberapa contoh penyakit yang dapat menyebabkan disfungsi ereksi organik, seperti diabetes, penyakit jantung, hipertensi, dan penyakit neurologis. Disfungsi ereksi akibat masalah hormon dan trauma atau cedera fisik juga termasuk dalam klasifikasi disfungsi ereksi organik.

2.   Disfungsi ereksi psikogenik: Jenis disfungsi ereksi ini terjadi karena masalah psikologis, seperti kecemasan, depresi, atau trauma psikologis.

3.   Disfungsi ereksi campuran: merupakan disfungsi ereksi yang disebabkan karena campuran dari masalah psikogenik dan organik.

Bagaimana cara mengobatinya? Pengobatan untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan secara bertahap. Perlu diperhatikan bahwa tata laksana disfungsi ereksi membutuhkan waktu dan tidak dapat diselesaikan secara instan. Pertama, seorang pasien disfungsi ereksi perlu dilakukan diagnosis terlebih dahulu untuk menentukan jenis dari penyakit disfungsi ereksi yang diderita. Selanjutnya, dari diagnosis tersebut, penyakit disfungsi ereksi dapat diberikan obat-obatan. Jika obat-obatan tidak dapat menyembuhkan, penanganan pasien dapat berlanjut ke tahap operasi. 

Penting untuk mencari diagnosis dan pengobatan yang sesuai dengan jenis disfungsi ereksi yang dialami oleh pria. Hal ini dibutuhkan untuk meredakan gejala serta memulihkan fungsi ereksi secara maksimal.

 

 

Kenali Tanda dan Gejala Disfungsi Ereksi

Berbicara tentang penyakit urologi pria disfungsi ereksi, terdapat tanda-tanda atau gejala yang dialami. Beberapa ciri yang dirasakan ketika seseorang mengalami disfungsi ereksi antara lain kesulitan untuk mempertahankan ereksi yang cukup keras dan tahan lama saat melakukan hubungan seksual, kesulitan untuk mencapai ereksi walaupun sudah dirangsang secara seksual, dan menurunnya gairah seksual.

Sementara itu, Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini menyebutkan tanda dan gejala jika seseorang mengalami gangguan kesuburan pria adalah adanya gangguan pada kualitas dan jumlah sperma yang dihasilkan saat ejakulasi, penurunan gairah seksual yang memengaruhi kemampuan dalam menghasilkan sperma, ketidakmampuan untuk mencapai atau mempertahankan ereksi, dan munculnya rasa sakit atau ketidaknyamanan saat ejakulasi atau saat melakukan hubungan seksual.

“Masalah kesehatan fisik seperti faktor usia, diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, obesitas, penyakit pernapasan, dan penyakit kronis lainnya merupakan beberapa faktor risiko yang dapat memengaruhi timbulnya disfungsi ereksi dan masalah kesuburan pada seseorang,” ujar Prof. Ponco.

Selain kesehatan fisik, Prof. Ponco juga menjelaskan jika masalah psikologis seperti depresi, kecemasan, stres, dan trauma emosional masa lalu seseorang dapat berpengaruh kepada disfungsi ereksi dan kesuburan pria. Ditambah seseorang tersebut memiliki riwayat merokok, minum alkohol berlebihan, atau menggunakan obat terlarang juga merupakan faktor lain yang dapat memicu disfungsi ereksi dan gangguan pada kesuburan pria. 

Disfungsi ereksi bukan penyakit komplikasi, tetapi dapat menjadi tanda dari adanya masalah kesehatan yang mendasar atau penyakit yang memengaruhi sistem vaskular atau saraf. Namun, jika dibiarkan tanpa pengobatan, disfungsi ereksi bisa memburuk dan memengaruhi kehidupan seksual dan bisa memicu masalah psikologis seperti depresi atau kecemasan, dan juga memengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan sehingga kesuburannya akan terganggu. Oleh karena itu, sangat penting untuk segera mencari bantuan medis jika mengalami disfungsi ereksi.

 

Mekanisme RigiScan® untuk Diagnosis Disfungsi Ereksi

Dalam menangani masalah disfungsi ereksi dan gangguan kesuburan pria, lulusan Hannover Medizinische Hochschule Jerman ini menjelaskan jika RigiScan® menjadi salah satu metode yang dapat digunakan untuk pemeriksaan diagnostik awal. RigiScan® merupakan alat diagnostik yang digunakan untuk menilai kualitas ereksi pria pada malam hari (ereksi nokturnal).

Umumnya pria yang sehat mengalami sekitar 3 hingga 6 ereksi setiap malam. Karena penis adalah salah satu bagian dari tubuh pria yang memiliki kulit, tetapi tidak memiliki otot di bawah kulitnya, ereksi pada malam hari adalah metode tubuh untuk menjaga jaringan di dalam penis tetap sehat. Dengan kata lain, ereksi pada malam hari adalah cara tubuh “melatih” penis sehingga penis cukup sehat untuk melakukan aktivitas seksual.

RigiScan® digunakan untuk mengukur frekuensi, kualitas, dan durasi ereksi malam hari. Alat ini dapat membantu dalam membedakan antara disfungsi ereksi organik dan psikogenik. Hasil diagnostik juga dapat memberikan informasi dan membantu dokter menentukan cara terbaik untuk memulai tata laksana disfungsi ereksi.

“Dalam hal disfungsi ereksi, RigiScan bersifat sebagai alat pendukung diagnostik. Artinya, hasil dari pemeriksaan menggunakan RigiScan harus dipertimbangkan bersamaan dengan gejala dan riwayat kesehatan pasien untuk menentukan diagnosis dan tata laksana yang tepat,” sebut Prof. Ponco yang juga merupakan salah satu anggota tim transplantasi ginjal di RS Siloam ASRI.

Terapi ESWT untuk Pengobatan Disfungsi Ereksi

Setelah melakukan pemeriksaan menggunakan RigiScan®, dokter ahli urologi dapat menentukan tatalaksana yang tepat berdasarkan kondisi pasien. Prof. Ponco menyebutkan jika ESWT (Extracorporeal Shock Wave Therapy) dapat menjadi salah satu pilihan terapi dalam mengatasi masalah disfungsi ereksi dan kesuburan pada pria dengan tingkat keberhasilan terapi ESWT kepada pasien mencapai 60-70%.

Cara kerja ESWT adalah dengan merangsang pertumbuhan sel dan pembuluh darah kapiler baru pada penis yang telah mengalami kerusakan atau tersumbat. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan aliran darah ke penis dan memperbaiki fungsi ereksi.

Pada terapi ESWT dilakukan pengaplikasikan gelombang kejut dengan intensitas rendah pada penis. “Biasanya, pasien tidak memerlukan anestesi, namun beberapa pasien mungkin mengalami sensasi kesemutan di area yang diterapi. Terapi ESWT untuk disfungsi ereksi biasanya membutuhkan beberapa sesi perawatan dengan jeda waktu beberapa minggu antara setiap sesi,” ujar peraih European Society for Sexual Medicine Grant for Medical Research tersebut. 

Terapi ESWT juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit peyronie (kelainan kurvatura penis) dan infeksi prostat (prostatitis).

 

 

Tips Mencegah Disfungsi Ereksi dan Menjaga Kesehatan Seksual Pria

Penyakit pada sistem urologi pria sering terjadi, namun dapat dicegah dengan melakukan beberapa tindakan preventif. Jika mengalami tanda-tanda awal gangguan kesehatan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter yang tepercaya. Selain itu, menjaga pola hidup sehat seperti, mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan jantung dan ginjal, melakukan olahraga teratur, menjaga bentuk badan tetap ideal, dan meninggalkan kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol berlebih dapat membantu mencegah terjadinya gangguan kesehatan pada sistem urologi. 

Untuk mencegah penyakit urologi pada pria, ada beberapa tips yang dapat diikuti. Pertama, perbanyak minum air putih agar saluran kemih selalu dalam keadaan bersih. Kedua, hindari merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan karena dapat merusak fungsi ginjal.

Tips berikutnya adalah menjaga kesehatan organ intim dan sistem kemih dengan memperhatikan kebersihan diri. Selain itu, hindari memakai celana atau pakaian dalam yang terlalu ketat karena dapat menekan sistem reproduksi pria.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading