Sukses

Health

5 Aktivitas Menyenangkan yang Bisa Bantu Mencerdaskan Otak

Fimela.com, Jakarta Punya otak cerdas dan daya ingat cemerlang menjadi salah satu hal yang cukup mengesankan dalam diri. Ini juga membuat seseorang merasa lebih percaya diri. Pada umumnya, orang-orang dengan kecerdasan yang optimal, selain memiliki daya ingat yang baik, mereka juga punya wawasan luas, mereka bahkan bisa bersosialisasi dengan mudah bersama siapapun di sekitarnya. 

Mengenai kecerdasan, selain ini adalah hal yang diturunkan lewat gen orangtua. Beberapa ahli percaya nutrisi turut berperan penting di dalamnya. Ini juga bisa dilatih atau diasah dengan berbagai aktivitas atau kegiatan. Mengutip dari laman healthline.com, ada beberapa aktivitas menyenangkan yang bisa bantu mencerdaskan otakmu. Aktivitas ini juga menurunkan risiko demensia, alzeimer dan masalah otak lainnya di masa tua.

Membaca

Aktivitas pertama yang bisa mencerdaskan otak adalah membaca. Tak hanya meningkatkan kecerdasan otak orang dewasa, kebiasaan membaca sejak usia dini membantu anak-anak memiliki otak yang cerdas dan cemerlang ke depannya. Dengan membaca kamu bisa mendapatkan berbagai informasi penting serta menarik. Saat ini membaca tak hanya lewat buku bacaan, tapi juga bisa lewat media sosial, internet pun buku digital.

Bermain Musik

Bermain musik menjadi aktivitas menyenangkan yang bisa meningkatkan kinerja otak. Suara musik yang menenagkan, bahkan bisa membantu otak berpikir secara lebih fokus. Orang-orang yang terampil dalam bidang musik, umumnya memiliki kreativitas yang mengesankan. Mereka juga memiliki daya ingat mengesankan. Beberapa studi menyebutkan jika bermain musik atau sekedar mendengarnya, akan membantu seseorang mencegah risiko demensia di masa tua.

Belajar Bahasa Baru

Selain bisa membuatmu mengenal berbagai bahasa baru dan memudahkan komunikasi dengan banyak orang di luar sana, belajar bahasa baru akan meningkatkan kecerdasan otakmu. Semakin banyak bahasa yang kamu pelajari, akan semakin baik kinerja otak. Ini juga akan memberimu banyak pengetahuan baru.

Tidur Cukup

Penelitian menemukan jika tidur yang cukup setiap harinya, membantu otak berpikir secara lebih tenang namun fokus. Tidur cukup membantu otak bekerja secara semestinya. Ini tak hanya membuat otak lebih cerdas, tapi juga membuat kesehatan tubuh secara menyeluruh terasa lebih baik.

Olahraga

Buat kamu yang malas olahraga, yuk, lebih rajin olahraga dari sekarang. Kenapa? Olahraga tak hanya bikin tubuh jadi lebih sehat, berat badan makin ideal dan kebugaran makin baik. Ini juga membantu otak lebih sehat dan lebih cerdas. Olahraga ringan seperti lari pagi, jalan pagi, senam atau yoga, bisa membantumu merasa lebih rileks. Otakpun akan semakin fresh dan cerdas. 

Nah Sahabat Fimela, itulah sekian aktivitas menyenangkan yang bisa bantu meningkatkan kecerdasan otak. Selain aktivitas di atas, berhitung, berdagang dan bisnis juga  memungkinkanmu memiliki otak lebih cerdas, berpikir lebih kreatif dan terarah. Cukupi juga nutrisi harian agar otak tak hanya cerdas tapi juga sehat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading