Sukses

Parenting

5 Makanan untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua mengharapkan buah hatinya tak hanya tumbuh sehat saja. Umumnya, mereka juga menginginkan perkembangan anak yang optimal. Mereka juga menginginkan anak dengan IQ atau kecerdasan di atas rata-rata. Penting diketahui, kecerdasan sendiri tak sebatas kecerdasan di bidang akademik saja. Tapi juga di banyak bidang lainnya. 

Mengutip dari laman uclahealth.org, studi menemukan jika kecerdasan dipengaruhi oleh gen orangtua. Meski begitu, gen saja tidak cukup untuk membuat anak menjadi pribadi dengan kecerdasan maksimal. nutrisi yang ia konsumsi setiap hari, stimulus yang orangtua dan pengaruh berikan, keadaan lingkungan dan media belajar yang dimiliki, serta banyak hal di sekitar anak, berperan penting dalam menentukan kecerdasannya. 

Jika Mom menginginkan buah hati cerdas, yang terpenting adalah penuhi nutrisinya dengan baik. Berikan beberapa makanan yang bisa meningkatkan kecerdasannya. Dan berikut beberapa makanan yang dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan otak anak. 

Sayuran Hijau

Berikan buah hati Mom sayuran hijau untuk menunjang tumbuh kembangnya. Sayuran hijau kaya akan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan otak. Selain bikin tubuh sehat, sayuran hijau memungkinkan anak memiliki otak yang cerdas, perasaan bahagia dan daya ingat yang baik. Bayam, daun kelor, sawi, brokoli dan sejenis merupakan contoh sayuran hijau yang ramah untuk anak-anak termasuk balita.

Ikan Laut

Ikan laut kaya akan omega 3 di dalamnya. Selain omega 3, ikan mengandung zinc, protein, kolin dan masih banyak lagi nutrisi di dalamnya. Ikan laut seperti ikan tuna, sarden, salmon dan sejenis bisa menjadi pilihan ikan yang cocok diberikan ke anak. Ikan juga termasuk bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat. 

Telur

Telur termasuk makanan yang bisa meningkatkan kecerdasan otak anak selanjutnya. Telur mengandung protein, omega 3, vitamin B12, kolin dan masih banyak lagi. Aneka nutrisi ini bisa membuat otak makin sehat dan cerdas. Para ahli mengungkapkan jika anak usia di atas 8 tahun, bisa konsumsi telur sebanyak dua butir setiap harinya.

Kacang-Kacangan

Aneka kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang almond, kacang hijau dan masih banyak lagi, adalah makanan selanjutnya yang bisa meningkatkan kecerdasan otak anak. Kacang-kacangan juga bantu memaksimalkan tumbuh kembang anak. Ini bahkan bisa mencegah anak dari risiko tekanan darah rendah, kolesterol tinggi pun diabetes di usia dini.

Susu dan Olahannya

Susu dan olahannya seperti yogurt pun keju termasuk makanan terbaik untuk memaksimalkan kecerdasan anak. Susu juga kaya akan kalsium, zat besi, zinc, vitamin dan nutrisi lain yang diibutuhkan oleh tubuh. Berikan susu setidaknya 1 gelas perhari kepada anak. Namun ingat, susu bukan makanan utama anak. Susu hanyalah minuman pendamping yang baiknya diberikan dalam porsi tepat setiap harinya. 

Nah Mom, itulah sekian makanan sehat yang bermanfaat meningkatkan kecerdasan otak anak. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga sebagai orangtua, kita semakin bijak dalam memberikan nutrisi terbaik untuk anak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading