Sukses

Health

5 Minuman untuk Menurunkan Kadar Gula Darah yang Wajib Diketahui Pemilik Diabetes

Fimela.com, Jakarta Gula darah tinggi kerap dikaitkan dengan diabetes dan prediabetes. Prediabetes adalah kondisi saat gula darah tinggi, namun tidak diklasifikasikan sebagai diabetes. Banyak faktor yang menyebabkan gula darah tinggi seperti stres, pola makan buruk, hingga kesalahan diet.

Menjaga gula darah tetap pada kadar normal penting untuk setiap orang, terutama penderita diabetes. Salah satu caranya bisa dengan mengonsumsi beberapa jenis minuman nikmat nan sehat. Berikut daftar minuman untuk membantu menurunkan gula darah melansir dari Eating Well.

1. Kopi

Penelitian menemukan bahwa mengonsumsi secangkir kopi dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2, terutama bagi kopi tanpa kafein. Dikatakan demikian karena senyawa kopi yang disebut fitokimia dapat mendukung kesehatan sel pada hati dan pankreas. Hal ini mampu mempertahankan fungsi insulin.

2. Teh Hitam

Tidak suka kopi? Maka teh bisa jadi pilihan. Senyawa dalam teh mampu meningkatkan resistensi insulin dan mengurangi peradangan. Peneliti juga menambahkan bahwa teh dapat membantu mengelola diabetes. 

3. Teh Hijau

Jenis teh lain yang baik untuk menurunkan kadar gula darah adalah teh hijau. Teh hijau bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa darah dan memblokir beberapa penyerapan karbohidrat. Apalagi teh hijau adalah minuman nol kalori yang baik dikonsumsi tanpa gula untuk menjaga gula darah stabil.

4. Susu

Protein dalam susu sapi mampu menurunkan respons glukosa darah setelah makan pada orang yang menderita diabetes atau pun tidak. Hal ini berdampak positif pada kadar gula darah yang stabil. Cara terbaik adalah dengan memilih susu tanpa lemak atau rendah lemak.

5. Jus Tomat

Jus tomat adalah minuman rendah gula yang baik untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Mengonsumsi jus tomat 30 menit sebelum sarapan terbukti mampu menurunkan kadar gula darah setelah makan. Serat dalam tomat membantu memperlambat pencernaan sehingga makanan yang dikonsumsi tidak meningkatkan kadar gula darah. Tambahkan seledri dalam jus tomat untuk manfaat lebih optimal.

Menjaga gula darah tetap stabil dapat dilakukan dengan mengonsumsi minuman di atas. Pastikan untuk tidak menambah pemanis tambahan agar manfaat dari minuman dapat dirasakan.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading