Sukses

Health

5 Hal yang Terjadi Jika Berhenti Mengonsumsi Gula

Fimela.com, Jakarta Dapat dikatakan bahwa gula menjadi salah satu kondimen yang selalu dibutuhkan di setiap makanan. Biasanya gula dipakai untuk pengimbang rasa makanan. Tidak hanya itu, makanan manis sering menjadi santapan favorit bagi banyak orang. 

Walaupun begitu, Sahabat Fimela pasti tahu kan seberapa bahaya konsumsi gula dalam kadar yang tinggi. Maka dari itu, penting untuk mengontrol asupan gula bagi tubuh. Namun, apa yang akan terjadi jika tubuh berhenti mendapat asupan gula? Mengutip dari laman halodoc.com, inilah 5 hal yang akan terjadi jika berhenti mengonsumsi gula.

1. Meningkatkan Suasana Hati

Tidak dapat dipungkiri bahwa makanan manis memang membuat hati bahagia, namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi malah akan beresiko pada gejara depresi yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan jumlah gula yang banyak dapat memicu peradangan pada sistem otak. Maka dari itu, saat kamu berhenti mengonsumsi gula selama satu atau dua minggu, kamu akan merasa lebih bahagia dan suasana hatimu jadi lebih baik.

2. Membuat Kulit Lebih Sehat

Sudah banyak orang yang melakukan eksperimen untuk berhenti mengonsumsi gula, maka kondisi kulit mereka jauh lebih sehat daripada sebelumnya. Mengapa itu bisa terjadi? Karena gula mengandung efek dehidrasi yang dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit. Gula juga mampu mengurai kolagen yang dapat meningkatkan kekenyalan kulit. Cobalah berhenti mengonsumsi gula, dan rasakan perbedaannya pada kulit.

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Ternyata banyak yang belum tahu jika gula dapat memengaruhi kesehatan otak, salah satunya adalah menurunkan kemampuan kognitif. Hal ini terjadi akibat adanya gangguan komunikasi antara sel-sel otak yang disebabkan kadar gula yang tinggi. Maka ketika kamu berhenti mengonsumsi gula, kemampuan kognitif dan memorimu akan jauh lebih baik.

4. Meningkatkan Sistem Imun

Hanya dengan 100 gram gula pada tubuh, akan menurunkan kemampuan sel darah putih untuk melawan bakteri hingga 50 persen, loh. Efek dari turunnya sistem imun ini dapat berlangsung lama. Tidak hanya itu, gula yang tinggi akan menimbulkan efek inflamasi pada tubuh. Maka dari itu, jika ingin meningkatkan sistem imun pada tubuh, cobalah untuk berhenti mengonsumsi gula sejenak.

5. Menurunkan Resiko Diabetes

Memang sudah diketahui oleh banyak orang, kadar gula yang tinggi akan memicu penyakit diabetes yang terjadi karena adanya gangguan fungsi insulin. Dan ketika kamu berhenti mengonsumsi gula, tubuhmu akan melakukan proses detoksfikasi secara alami. Dengan proses inilah, tubuhmu akan dijauhi dari resiko diabetes.

Itu dia beberapa hal yang akan kamu rasakan saat tidak lagi mengonsumsi gula. Coba lakukan dan rasakan hal berbeda!

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading