Sukses

Health

5 Tips Makan dengan Tenang agar Tidak Gampang Gemuk

Fimela.com, Jakarta Salah satu cara untuk mencegah tubuh agar tidak gampang gemuk adalah menerapkan pola makan sehat. Selain mengusahakan makanan yang dikonsumsi mengandung gizi, nutrisi, dan vitamin yang cukup, kita juga perlu menerapkan kebiasaan makan yang baik untuk mendukung pola makan yang sehat tersebut.

Ada kebiasaan makan baik yang bisa diterapkan agar tidak gampang gemuk. Namanya makan dengan sadar (mindful eating). Mengutip buku Growing Up Mindful, melambat dan membawa kesadaran ke tubuh serta makanan yang kita konsumsi dapat membangunkan kita akan seberapa sehat makanan kita dan seberapa banyak makanan yang kita perlukan. Berikut ini ada sejumlah tips makan dengan sadar agar tubuh sehat dan tidak gampang gemuk. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Fokuskan Perhatian pada Kegiatan Makan

Saat makan, usahakan untuk benar-benar fokus mencurahkan perhatian pada makanan yang dikonsumsi. Tidak sibuk melakukan hal lain atau membagi perhatian dengan melakukan kegiatan yang lain. Hadirkan rasa syukur dengan makanan yang sudah terhidang di meja. Dengan menyadari dan meghadirkan rasa syukur, kegiatan makan pun bisa terasa lebih tenang dan nyaman.

2. Kunyah Setiap Suapan dengan Perlahan

Mengutip buku Growing Up Mindful, "Riset menunjukkan bahwa kita mendapat sinyal dari tubuh untuk berhenti makan sekitar sepuluh sampai dua puluh menit sebelum sinyal tersebut sampai ke otak." Dengan mengunyah setiap suapan secara perlahan, kita bisa mencegah diri kita makan berlebihan. Makan pun secukupnya sesuai kebutuhan, dan hal ini bisa menjaga berat badan tetap ideal.

3. Telan Makanan setelah Dikunyah Sampai Lembut

Pada dasarnya, saat kita melambat, kita akan makan lebih sedikit dan lebih sehat. Tubuh pun bisa mencerna makanan dan nutrisi dengan lebih baik. Hal ini berbeda bila kita makan dengan terburu-buru yang membuat kita kesulitan untuk mengontrol porsi makan dan mengenali sinyal kenyang. Jadi, cobalah untuk mengunyah setiap makanan yang masuk ke mulut sampai benar-benar lembut sebelum menelannya agar proses pencernaan bisa lebih baik.

4. Atur Jadwal Makan Teratur

Supaya kegiatan makan tidak terburu-buru, cobalah untuk membuat jadwal makan yang teratur dan disiplin juga. Seperti mengatur jadwal kegiatan lainnya, kegiatan makan perlu dijadwalkan agar memudahkan kita untuk bisa menerapkan kegiatan makan dengan sadar (mindful eating).

5. Berhenti Makan sebelum Kekenyangan

Jangan tunggu perut sampai terasa benar-benar penuh untuk berhenti makan. Ketika sepertiga perut sudah terasa penuh ada baiknya untuk berhenti makan. Berikan sisa ruang di perut untuk minum dan udara bernapas. Dengan begini, kita bisa terhindar dari konsumsi makanan berlebihan agar tubuh tidak gampang gemuk.

Itu tadi lima tips yang bisa dicoba agar tubuh tidak gampang gemuk dengan menerapkan konsep makan dengan sadar (mindful eating). Semoga informasinya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading