Sukses

Health

Kerap Terjadi Pada Anak, Penjelasan dan Gejala Fimosis yang Menyerang Penis

Fimela.com, Jakarta Bagi para pria meski belum tentu jadi masalah, namun penting untuk mengetahui apa itu fimosis. Kondisi penis yang terjadi pada pada beberapa orang dewasa dan anak yang tidak disunat. 

Jika menderita fimosis, kulup penus tidak dapat ditarik ke belakang atau ditarik kembali. Mungkin terlihat seperti penis memiliki cincin di sekitar ujungnya.

Melansir my.clevelandclinic.org, fimosis hanya menjadi masalah ketika ada beberapa gelala khas dan bisa dinyatakan parah hingga meninggalkan lubang seukuran lubang jarum.

Sebenarnya, ada dua jenis fimosis, yaitu fisiologis dan patologis. Tipe fisiologis dikaitkan dengan masa kanak-kanak dan biasanya hilang seiring bertambahnya usia. Jenis patologis dikaitkan dengan kondisi yang disebut balanitis xerotica obliterans (BXO).

Kulup (juga disebut kulit khatan) kencang saat bayi lahir, tetapi biasanya akan mengendur saat anak berusia 2 tahun. Selama tahun-tahun antara usia 2 dan 6 tahun, kulup mengendur dan mulai terpisah dari kepala penis mereka. Fimosis juga bisa terjadi setelah masa kanak-kanak.

Fimosis ditemukan pada hampir semua bayi baru lahir, dan kemudian kulup berubah secara bertahap sehingga dapat ditarik kembali. Diperkirakan hanya 1% orang yang masih mengalami fimosis saat berusia 16 tahun.

Apa saja gejala dan penyebab fimosis

Seseorang dengan Fimosis mungkin memiliki gejala berikut, kemerahan atau perubahan warna, yang mungkin terjadi saat terinfeksi/teriritasi, pembengkakan (peradangan), yang mungkin terjadi saat terinfeksi/teriritasi, rasa sakit di penis, nyeri saat buang air kecil (disuria), nyeri saat ereksi atau aktivitas seksual.

Lalu apa yang menyebabkan fimosis? Jika atau anak menderita fimosis patologis (yang disebabkan oleh beberapa jenis kondisi), ada berbagai alasan yang mungkin berkembang, termasuk, kebersihan yang buru, tidak membersihkan dapat menyebabkan infeksi.

Kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, lichen planus dan lichen sclerosus. Ketika mempengaruhi penis, lichen sclerosis dikenal sebagai penis lichen sclerosis atau balanitis xerotic obliterans (BXO). Adhesi preputial, atau jaringan parut, yang membuat kulup melekat pada ujung (kelenjar) penis. Cedera,  infeksi, termasuk infeksi menular seksual (IMS).

Bagaimana pengobatannya? Fimosis fisiologis (kongenital) biasanya tidak memerlukan pengobatan. Biasanya, anak tumbuh dari itu. \

Fimosis patologis, disebut juga phimosis sekunder, memang perlu diobati. Penyedia layanan kesehatan mungkin akan menyarankan krim steroid untuk dioleskan ke kulit penis. Tenaga kesehatan mungkin menyarankan agar mulai meregangkan kulup dengan lembut setelah sekitar dua minggu menggunakan krim steroid, harus meregangkan kulit dengan sangat lembut, menariknya sejauh yang bisa tanpa membuatnya sakit sama sekali.Bisa menggunakan krim pada bagian kelenjar yang terbuka akibat latihan peregangan.

Langkah selanjutnya adalah operasi. Jika anak  mengalami kesulitan, tenagah kesehatan mungkin membuat sayatan kecil di kulup sehingga dapat menariknya kembali. Jika seorang dewasa dengan banyak jaringan parut, mungkin akan merekomendasikan sunat.

Prosedur ini akan menghilangkan kulup dan membebaskan kelenjar.Penyedia layanan kesehatan hampir pasti menyarankan sunat jika balanitis xerotic obliterans (BXO) menyebabkan fimosis dan krim steroid tidak bekerja. Fimosis dapat membuat aktivitas seksual menjadi tidak nyaman bagi orang dewasa.

Selain itu, BXO dapat menyebabkan masalah saluran kemih dan dikaitkan dengan risiko kanker penis yang lebih tinggi.

Bagaimana cara mencegah? Fimosis fisiologis tidak dapat dicegah. Ini hadir di hampir semua bayi baru lahir. Namun, penting untuk menjaga kebersihan penis.

Orangtua atau pengasuh harus diberikan arahan tentang cara terbaik untuk membersihkan penis. Mereka juga harus diberi tahu untuk tidak terlalu khawatir tentang fakta bahwa kulup tidak dapat digerakkan selama beberapa tahun pertama kehidupan. Ketika anak-anak sudah cukup besar untuk merawat diri mereka sendiri, mereka harus diajarkan untuk membersihkan penis mereka sendiri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading