Sukses

Health

10 Makanan Enak yang Bermanfaat Menurunkan Kolesterol Tinggi

Fimela.com, Jakarta Kadar kolesterol tinggi merupakan masalah kesehatan yang tak boleh diremehkan begitu saja. Kolesterol yang tinggi, bisa menyebabkan beragam risiko penyakit serius antaranya stroke, jantung dan sejenis. Studi menemukan jika kolesterol yang berlebih dalam tubuh, bisa mengganggu fungsi tubuh secara keseluruhan. 

Untuk menangani masalah kolesterol tinggi, sebenarnya ini tak harus dengan konsumsi obat. Ada beragam makanan enak yang memiliki manfaat besar buat menurunkan kolesterol. Mengutip dari laman health.havard.edu, inilah aneka makanan enak yang bermanfaat turunkan kolesterol tersebut.

1. Ikan Tuna, Ikan Salmon

Ikan tuna mengandung nutrisi terbaik untuk tubuh. Ini juga kayaakan omega 3 yang baik buat otak dan fungsi tubuh secara keseluruhan. Nutrisi pada ikan tuna, bermanfaat melunturkan lemak dalam tubuh. Ini membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dengan lebih stabil.

2. Kedelai dan Olahannya

Kedelai dan olahannya termasuk tempe, tahu dan susu kedelai, ampuh bantu turunkan kolesterol dalam tubuh. Kedelai mengandung beragam nutrisi yang membantu fungsi tubuh bekerja secara lebih optimal. 

3. Buah Citrus

Aneka buah citrus seperti jeruk, lemon dan sejenis, mengandung vitamin c yang cukup tinggi. Makanan ini mengandung nutrisi terbaik yang dibutuhkan tubuh agar lebih bugar. Konsumsi buah citrus tak hanya bikin tubuh bugar dan sistem imun meningkat, ini juga bikin kolesterol jahat dalam tubuh berkurang atau menurun. 

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau menjadi salah satu makanan wajib yang harus kamu konsumsi jika ingin memiliki tubuh lebih sehat dan rendah kolesterol. Sayuran hijau mengandung berbagai vitamin terbaik yang mampu menyeimbangkan kadar kolesterol, tekanan darah hingga memperbaiki kinerja fungsi tubuh secara keseluruhan. 

5. Beras Merah

Para ahli percaya jika beras merah memiliki manfaat yang lebih mengesankan dibanding beras putih. Beras merah adalah makanan yang tinggi serat di dalamnya. Ini juga mengandung beberapa nutrisi penting. Salah satu nutrisi tersebut bermanfaat menjaga kadar gula darah dan kolesterol. Selain baik dalam menurunkan kolesterol, beras merah juga baik dalam menurunkan berat badan.

6. Seledri

Sayur seledri adalah sayuran terbaik dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai jus atau dimasak bersama bahan makanan lain. Biasanya, sayur seledri sangat cocok dijadikan bumbu pada masakan sop serta semur. 

7. Terong

Buah terong adalah buah yang baik dakam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Terong bisa diolah menjadi beragam masakan lezat dan menggugah selera. 

8. Gandum

Gandum adalah makanan yang kaya akan serat di dalamnya. Inilah yang kemudian membuatnya sangat baik dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan konsumsi gandum, kolesterol akan diubah menjadi asam empedu yang kemudian dilepas di usus halus untuk mencerna lemak. 

9. Yogurt

Yogurt merupakan makanan yang kaya manfaat. Umumnya, makanan ini sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, ternyata yogurt berfungsi baik dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

10. Beri

Buah beri menjadi makanan enak selanjutnya yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Buah ini juga ampuh dalam membantumu menurunkan berat badan berlebih. Antioksidan yang tinggi dalam buah beri, dipercaya bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dengan maksimal. 

Itulah sekian makanan enak yang bermanfaat menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading