Sukses

Health

Ini dia 7 Selebriti Indonesia Lakukan Tes NIPT saat Hamil untuk Deteksi Kelainan Genetik Sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Kehamilan merupakan suatu momen yang membahagiakan dan ditunggu-tunggu oleh wanita. Namun, pada awal kehamilan penting bagi calon ibu untuk memeriksa kandungan sebagai bentuk deteksi dini pada janin.

Seiring dengan perkembangan zaman, pemeriksaan kandungan pada awal kehamilan semakin beragam. Salah satu tes kehamilan yang semakin populer saat ini yaitu tes NIPT.

Dilansir dari Mayo Clinic, Tes NIPT (Non-Invasive Prenatal Test) merupakan terobosan terkini dalam dunia kehamilan yang memungkinkan deteksi kelainan genetik pada janin secara akurat dan aman. Tes ini telah digunakan oleh banyak orang, termasuk selebriti Indonesia, untuk mendapatkan informasi penting tentang kesehatan janin yang dikandung sejak dini.

Apa itu Tes NIPT?

Dilansir dari Healthline, tes NIPT adalah pemeriksaan prenatal non-invasif yang dilakukan melalui pengambilan sampel darah ibu hamil. Melalui tes ini, DNA janin yang terdapat dalam darah ibu akan dianalisis untuk mendeteksi adanya kelainan genetik tertentu, seperti Patau Syndrome, Edward Syndrome, Down Syndrome, Klinifelter Syndrome, dan Turner Syndrome.

Salah satu kelebihan utama dari tes NIPT ini adalah tidak adanya risiko cedera atau komplikasi bagi janin atau ibu. Tes ini juga memiliki tingkat akurasi yang tinggi, dengan persentase deteksi yang mencapai lebih dari 99%. Hal inilah yang menjadikan NIPT sebagai pilihan yang sangat baik untuk memantau kesehatan janin.

Berikut ini adalah sejumlah artis Indonesia yang telah menjalani tes NIPT semasa kehamilannya:

1. Aurel Hermansyah

Setelah mengalami keguguran pada bulan Mei 2021, Aurel Hermansyah mengambil tes NIPT sebagai langkah penting untuk memantau kesehatan janin dalam kehamilannya yang kedua. Alasan Aurel memilih tes ini karena mampu memberikan hasil yang paling cepat di Indonesia dan terlindungi asuransi hingga 800 juta rupiah.

 

2. Nadia Mulya

Riset menunjukkan ibu hamil dengan usia di atas 35 tahun lebih berisiko mengalami kelainan pada janin yang dikandung. Sadar akan hal tersebut, Nadia Mulya melakukan tes NIPT saat kehamilan anak keempatnya. Presenter berdarah Banten tersebut melakukan tes NIPT saatkehamilannya berusia 12 minggu.

3. Aura Kasih

Aktris Aura Kasih juga mengambil tes NIPT saat mengandung putrinya bernama Arabella pada tahun 2019. Ia juga mendorong calon ibu lainnya untuk melakukan tes ini guna memastikan kesehatan janin lebih awal.

4. Tya Ariestya

Kembali menjalani program bayi tabung, Tya Ariestya rutin melakukan tes NIPT setiap kehamilan. Tes ini menjadi langkah penting baginya untuk memantau perkembangan anak keduanya di dalam kandungan.

5. Tasya Kamila

Setelah menikah, Tasya Kamila telah konsisten melakukan tes NIPT sejak kehamilan anak pertamanya pada usia kehamilan 23 minggu. Tes ini tidak hanya memberikan informasi tentang kelainan kromosom janin, tetapi juga dapat mendeteksi jenis kelamin bayi secara akurat.

6. Irish Bella

Sempat kehilangan bayi kembar di kehamilan sebelumnya, Irish memutuskan untuk melakukan tes NIPT pertamanya saat usia kehamilannya 16 minggu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui secara keseluruhan kemungkinan kelainan kromosom pada janin yang dikandungnya. Hasil tes menunjukkan bahwa janin yang dikandungnya dalam keadaan sehat.

7. Nadine Chandrawinata

Ketika mengumumkan kehamilan keduanya, Nadine Chandrawinata juga memilih untuk melakukan tes NIPT. Hasil tes ini memberikan informasi mengenai kelainan kromosom pada janin serta jenis kelamin bayi pada usia kehamilan 10 minggu.

“Aku ambil tes NIPT by NIFTY dari Bumame, hasilnya sudah keluar dan aman. Buat yang belum tau, tes NIFTY ini bisa deteksi 90+ kelainan kromosom pada janin, kayak Down Syndrome, Patau Syndrome, Edwards Syndrome dan bisa tau jenis kelamin janin dari minggu ke-10 usia kehamilan”, ungkap Nadine melalui unggahan Instagramnya.

Di Indonesia, tes NIPT by NIFTY dari Bumame menjadi pilihan yang terjangkau dengan harga Rp 6 juta dan hasilnya dapat keluar dalam waktu 5-10 hari. Dengan adanya tes NIPT, para ibu hamil, termasuk selebriti, dapat dengan mudah mendeteksi kelainan genetik pada janin sejak dini. Tes ini memberikan kepastian dan memungkinkan tindakan medis yang tepat untuk menjaga kesehatan ibu dan janin selama masa kehamilan.

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading