Sukses

Health

5 Kebiasaan Hidup Orang Jepang yang Membuat Bahagia dan Panjang Umur

Fimela.com, Jakarta Tak jarang orang menerapkan kebiasaan dari masyarakat budaya lain untuk mendapat hidup berkualitas. Mulai dari gaya hidup, pola makan, bahkan ritual untuk kesehatan mental. Salah satu yang paling populer adalah gaya hidup orang Jepang yang diyakini dapat meningkatkan taraf hidup, termasuk umur panjang.

Banyak dari warga Jepang yang hidup sehat, bugar, dan bahagia hingga usia senja. Tak jarang kebiasaan sehari-hari mereka menjadi panutan banyak orang. Ingin menerapkan kebiasaan mereka? Ikuti tips berikut ini untuk membuatmu lebih bahagia dan berumur panjang.

1. Diet Seimbang dalam Makanan Sehari-hari

Kesehatan orang Jepang menjadi perhatian publik. Tak dipungkiri, hal ini diraih dengan kebiasaan makan dengan gizi seimbang. Orang Jepang banyak mengonsumsi ikan, buah, sayur, bersama makanan rendah kalori dan lemak. Menu ini adalah asupan seimbang yang bisa membuat tubuh sehat. Saat tubuh sehat dan bugar, suasana hati pun menjadi baik yang memberi rasa bahagia.

2. Rutin Minum Teh Hijau

Bukan hanya kebiasaan, mengonsumsi teh hijau juga menjadi ritual bagi orang Jepang. Teh hijau sendiri dikenal sebagai minuman kaya manfaat. Kandungan antioksidan mampu menurunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi otak. Selain itu teh hijau juga mampu menurunkan risiko depresi dan cemas karena kandungan L-theanine yang dapat meningkatkan suasana hati.

3. Kebiasaan Mengintrospeksi Diri

Saat mengalami kegagalan atau ingin tahu tujuan hidup, orang Jepang kerap introspeksi diri untuk mengenal diri lebih dalam. Tindakan ini akan membuat seseorang lebih tenang dan mengetahui potensi diri. Pada akhirnya akan berpengaruh pada kepuasan dalam hidup. Kepuasan dalam hidup memberi rasa bahagia yang tak jauh berbeda dengan konsep ikigai.

4. Menghabiskan Waktu di Ruang Hijau

Pemandangan alam mampu membantu melepaskan stres dan cemas. Praktik ini merupakan bentuk ekoterapi yang baik untuk kesehatan mental. Kebiasaan ini dapat kamu terapkan dengan menghabiskan waktu di taman dan menyatu dengan alam. Orang Jepang memanfaatkan ritual ini untuk melepas penat setelah beraktivitas.

5. Gemar Belajar

Bagi orang Jepang, mempelajari hal baru adalah hal menarik yang sudah menjadi kebiasaan. Tak jarang orang Jepang mengikuti kelas tambahan untuk menambah wawasan dan kemampuan. Bagi mereka, mengembangkan diri adalah hal penting. Mempelajari hal baru bisa membuatmu mengeskplorasi diri dan meningkatkan kreatifitas. Pada akhirnya, kegiatan ini bermanfaat untuk kesehatan mental dan membuat hidup lebih bahagia.

Mengadopsi kebiasaan di atas bisa menjadi cara untuk membuat hidup bahagia dan memuaskan. Lakukan olahraga, relaksasi tubuh, dan kegiatan positif lainnya untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading