Sukses

Food

5 Makanan yang Mampu Meredakan Stres

Fimela.com, Jakarta Pekerjaan dan kegiatan harian yang padat bukan hanya menyebabkan lelah, namun juga penat dan stres. Stres tidak mudah untuk diatasi. Meski ada beberapa cara untuk meredakan stres seperti meditasi, olahraga, dan kegiatan menyenangkan lainnya perlu hal pendukung untuk meredakan stres. Bila tidak diatasi dengan baik maka stres bisa berkembang menjadi burnout bahkan depresi.

Selain melakukan aktivitas tertentu, stres dapat diredakan dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan. Melansir dari Health berikut daftar makanan yang dapat dikonsumsi saat merasa cemas san stres.

1. Sayur Berdaun Hijau

Sayur berdaun hijau mengandung folat yang menghasilkan dopamin, bahan kimia otak yang memberi kebahagiaan. Studi menemukan bahwa mengonsumsi sayur dapat memberi rasa tenang, bahagia, dan energik dalam menjalani aktivitas. Sayur hijau bekerja dalam 24 jam untuk menstimulasi perasaan bahagia.

2. Bluberi

Bluberi kaya akan nutrisi dan antioksidan yang mampu membangkitkan semangat. Antioksidan dipercaya dapat meningkatkan respons tubuh terhadap stres.

3. Yogurt

Jarang diketahui, bakteri pada usus berkontribusi pada peningkatan stres. Saat usus memproduksi bakteri probiotik, reaksi kimia pada usus dan otak akan mengendalikan emosi, termasuk stres. Penelitian menemukan rutin mengonsumsi yogurt dapat mengatasi depresi, amarah, kelelahan, dan meningkatkan kualitas tidur.

4. Susu

Susu mengandung vitamin D yang tinggi. Studi menemukan vitamin D berperan dalam mengelola stres dan depresi. Selain susu, vitamin D dapat ditemukan pada salmon, kuning telur, dan sereal.

5. Teh Hijau

Daripada kopi, mengonsumsi teh hijau lebih ampuh mengatasi stres. Teh hijau mengandung theanine tertinggi dari teh lainnya. Theanine adalah asam amino yang berfungsi menghilangkan stres dan kecemasan.

Imbangi gaya hidup sehat seperti olahraga, istirahat cukup, dan mengonsumsi makanan bergizo untuk mengatasi stres. Lengkapi dengan makanan di atas agar manfaat lebih optimal.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading