Sukses

Lifestyle

5 Gaya Hidup Untuk Membantu Mengelola Stres, Membuat Hati Tenang dan Bahagia

Fimela.com, Jakarta Stres adalah reaksi emosional atau psikis yang umum dirasakan orang saat mengalami perubahan atau tekanan dalam hidup. Stres adalah bagian dari hidup. Saat mengalami stres, setiap orang cenderung kehilangan semangat, mengurung diri, bahkan mengalami penurunan kesehatan. Meski stres berkaitan dengan kondisi mental nyatanya ia juga berpengaruh besar pada kesehatan fisik.

Mengelola stres bukan hal yang mudah, namun bukan berarti tidak mungkin. Terdapat beberapa cara untuk mengatasi stres salah satunya merubah gaya hidup. Agar hidup lebih tenang dan bahagia, terapkan gaya hidup ini untuk terhindar dari stres.

1. Miliki Tidur Berkualitas

Tidur berkualitas atau tidur nyenyak secara langsung memengaruhi kesehatan mental dan fisik serta kualitas hidup. Orang yang mengalami gangguan tidur atau kurang tidur cenderung mengalami depresi dan cemas. Buatlah jadwal tidur malam dan terapkan dengan konsisten. Kurangi minum kafein setelah jam 4 sore, ciptakan ruang kamar yang nyaman, dan bersihkan tubuh sebelum tidur untuk membantu tidur lebih nyenyak.

2. Lakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik secara teratur seperti berjalan, berlari, atau berolahraga dapat meningkatkan suasana hati, mengalihkan perhatian dari kekhawatiran, dan meredakan stres. Aktivitas fisik juga berpengaruh pada kesehatan fisik dan metabolisme tubuh. Terapkan dengan konsisten setidaknya olahraga 30 menit per hari.

3. Konsumsi Makanan Bergizi

Nutrisi yang baik dibutuhkan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Daripada mengonsumsi makanan sembarangan lebih baik memilih dengan cermat berdasarkan kandungannya. Tambahkan buah, sayur, dan daging pada menu makan agar nutrisi terpenuhi. Pastikan makanan yang dikonsumsi selalu dalam keadaan segar agar tidak memberi efek samping bagi kesehatan.

4. Diet

Kelebihan berat badan dengan ukuran perut yang melebihi ukuran pinggang nyatanya berpengaruh pada kesehatan mental. Hal ini juga menyebabkan kesehatan tubuh menurun dan sulit beraktivitas. Jaga pola makan dengan porsi yang cukup dan batasi konsumsi makanan yang menyebabkan kenaikan berat badan.

5. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Sering kali ada banyak hal yang harus dilakukan yang membuatmu sibuk dan stres. Cara menanganinya adalah dengan rutin memberi waktu untuk diri sendiri. Lakukan hobi, perawatan tubuh, dan hal menyenangkan lain untuk membuatmu rileks.

Stres dapat ditangani dan dikurangi dengan menerapkan gaya hidup sehat. Bila merasa sulit mengendalikan stres, pertimbangkan untuk menemui ahli.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading