Sukses

Health

Studi: Stres Bisa Mempercepat Penunaan Dini di Usia Muda

Fimela.com, Jakarta Padatnya aktivitas, rentan bikin kita merasa stres sendiri. Belum lagi, jika ada banyak masalah yang juga harus kita hadapi. Stres sendiri merupakan kondisi yang wajar dialami setiap orang. Meski begitu, kita harus mengelola stres dengan sebaik mungkin. Seberat apapun masalah yang sedang kita hadapi, penting bagi kita untuk menahan diri dari pikiran yang stres. Kenapa? 

Mengutip dari laman healthline.com, stres bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan. Salah satu masalah tersebut adalah mempercepat penunaan dini di usia yang masih sangat muda. Tentunya, kita tak ingin hal ini terjadi pada kita bukan?

Stres dan Penuaan Dini

Ada beberapa tanda penuaan dini yang mudah untuk dikenali. Adapun tanda tersebut antara lain munculnya garis halus dan kerutan di wajah, kulit kusam, kulit kering,  warna kulit tidak merata, rambut beruban di usia muda hingga adanya noda atau bintik-bintik hitam di kulit terutama wajah. Banyak hal yang bisa menyebabkan penunaan dini. Salah satu hal yang paling sering terjadi namun jarang disadari adalah stres. 

Selain menyebabkan penuaan dini, stres digadang-gadang bisa berpengaruh pada usia biologis seseorang. Semakin kamu mudah stres dan terjadi dalam jangka waktu lama, ini bisa mempercepat penuaan usia biologismu. Ini juga akan berpengaruh pada kinerja organ tubuh secara keseluruhan. Akibatnya, fisik rentan sakit dan memiliki daya tahan tubuh yang lemah.

Cara Mencegah Penuaan Dini

Apa yang bisa dilakukan untuk mencegah penuaan dini? Satu cara yang pasti adalah menghindari stres. Usahakan untuk selalu berpikir positif dan bahagia dengan hidupmu saat ini. Pastikan untuk memiliki pola hidup sehat, hindari kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol tinggi, serta jalani perawatan sebaik mungkin. 

Mencegah penuaan dini juga bisa dilakukan dengan membatasi paparan sinat matahari langsung, miliki waktu istirahat cukup dan olahraga cukup. Kamu juga penting untuk mengonsumsi vitamin atau makanan alami yang bisa meremajakan kulit dan meningkatkan kesehatan organ tubuh secara keseluruhan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading