Sukses

Beauty

Tanda Kulit Mulai Mengalami Penuaan Dini dan Cara Mencegahnya

Fimela.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, garis-garis halus mungkin mulai terbentuk di sekitar mata dan mulut. Ini karena protein kolagen dan elastin, yang bertanggung jawab atas struktur, kekuatan, dan elastisitas kulit, mulai melemah. Tapi perubahan ini bisa terjadi lebih cepat dari yang lain, yang dikenal sebagai penuaan dini.

Penuaan dini dapat terjadi sebagai akibat dari faktor dan perilaku gaya hidup. Untungnya semua dapat diperbaiki atau diubah. Semakin tahu tentang cara menghindari penuaan dini, semakin banyak kendali yang dapat diambil untuk mempertahankan tubuh dan pikiran yang lebih sehat dan lebih muda.

Geetika Mittal Gupta, pakar kosmetik di India, mengungkapkan cara mengidentifikasi tanda-tanda penuaan dini. Garis halus, kerutan, dan rambut beruban umumnya adalah hal pertama yang terlintas dalam pikiran saat berbicara tentang penuaan. 

“Penting untuk diingat bahwa kulit unik dan tidak ada standar untuk penuaan kulit yang berlaku untuk semua orang, tetapi jika berusia di bawah 35 tahun, dan melihat tanda-tanda penuaan kulit berikut, mungkin itu berarti menua sebelum waktunya. Penuaan dini juga termasuk pembentukan bintik matahari (juga disebut bintik hati atau bintik usia), kulit kering atau gatal, kulit kendur, pipi cekung atau pelipis dan hiperpigmentasi di sekitar dada," kata Gupta, dikutip Hindustan Times.

Penyebab penuaan dini antara lain kehilangan kolagen dan elastin, dua protein penting yang memberikan kulit kekenyalan dan ketahanan awet muda. Kehilangan dua senyawa ini membuat kulit terlihat kusam, tipis, dan keriput.

 "Paparan sinar matahari bertahun-tahun menambah dan menyebabkan bintik-bintik gelap muncul di mana-mana dan gravitasi tambah menarik kulit yang melemah, menyebabkan kelopak mata dan alis kendor," kata dia.

Pakar kulit menyarankan trik anti-penuaan berikut untuk mencegah penuaan dini. Apa saja? Yuk, Simak.

 

1. Gunakan Sunscreen

Melindungi wajah dari sinar UV adalah salah satu hal paling sederhana yang dapat dilakukan. Batasi jumlah waktu yang dihabiskan di bawah sinar matahari langsung pada siang hari saat matahari paling kuat. Kenakan topi dan tabir surya untuk menaungi dahi, hidung, dan mata. Pilih tabir surya dengan SPF 30 ke atas saat bepergian bahkan di musim dingin.

Selain itu, pastikan tabir surya berspektrum luas, artinya melindungi dari sinar UVA dan UVB dan ulangi pemakaiannya. Gunakan produk perawatan kulit yang memiliki perlindungan SPF bawaan. Jika harus berada di bawah sinar matahari, kenakan kemeja lengan panjang yang longgar, ringan, dan celana panjang atau rok panjang.

2. Konsumsi Antioksidan

Antioksidan berperan penting memerangi radikal bebas yang merusak kulit serta mencegah tanda-tanda penuaan. Cara paling alami dan mudah untuk mendapatkan jumlah antioksidan yang dibutuhkan adalah melalui makanan. Makanan kaya antioksidan termasuk brokoli, bayam, wortel, asparagus, alpukat, bit, lobak, selada, ubi jalar, labu, labu, collard hijau, beri, apel, pecan, anggur merah dan plum. Minumlah air yang cukup.

3. Pakai Exfoliating Toner

Mencuci muka adalah langkah paling dasar dan penting dari setiap rutinitas. Cuci dua kali sehari, pagi dan malam, untuk menghindari pori-pori tersumbat, kusam, dan jerawat. Pastikan menghapus riasan dengan makeup remover dan mencuci muka dengan pembersih yang sesuai. Biarkan air suam-suam kuku dan tepuk lembut wajah dengan handuk lembut untuk membantu mencegah iritasi berlebih dan hilangnya minyak alami. Toner harus dilakukan setelah pembersihan dan sebelum memakai apa pun. Pilih bahan-bahan seperti asam alfa dan beta hidroksi, air mawar, teh hijau, vitamin E dan C.

4. Jaga Kulit Tetap Lembab

Oleskan pelembap wajah setiap pagi atau sebelum tidur untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Minyak dalam pelembap mengunci kelembapan dan mencegah air keluar. Cobalah mencari lotion dengan vitamin C, ekstrak teh hijau, vitamin A, atau retinoid. Kulit kering dapat membuat kerutan tampak lebih buruk.

5. Berolahraga dan Tidur Nyenyak

Olahraga teratur menurunkan stres dan meningkatkan kualitas tidur, kesehatan kulit dan tulang, serta suasana hati. Bagaimanapun, keringat saat berolahraga membantu mengeluarkan racun dari kulit melalui keringat olahraga itu. Selain itu, peningkatan endorfin dan penurunan kortisol setelah berolahraga juga membantu menunda penuaan dini. Selain itu, pastikan memiliki pola tidur tetap yang melibatkan tidur lebih awal dan bangun lebih awal. Tujuh hingga sembilan jam tidur berkualitas setiap hari akan membantu mengatasi stres hari itu dan memberikan waktu pemulihan yang cukup bagi kulit untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading