Sukses

Beauty

Hindari Penuaan Dini, Ini 5 Perawatan Wajah dan Mata untuk Tampil Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Wajah, terutama area mata penting untuk dirawat dengan beberapa cara khusus. Area bawah mata memiliki lapisan yang paling tipis, sehingga rentan terhadap iritasi dan kekeringan yang bisa menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan.

Penuaan memang tidak bisa dihindari, tapi ada beberapa cara untuk merawat kulit dengan baik. Dikutip dari Everyday Health, menurut Penelitian Biomedis pada tahun 2015, kulit di sekitar area mata tidak memiliki banyak kelenjar minyak dan kolagen seperti bagian wajah dan tubuh lainnya, yang membuatnya lebih rentan terhadap kekeringan, kendur, garis halus, dan lingkaran hitam.

Sangat penting untuk memiliki rutinitas perawatan wajah, khususnya di area bawah mata untuk mengatasi mata bengkak, garis halus, dan kerutan. Seiring bertambahnya usia, sel-sel kulit berubah lebih lambat yang membuatnya terlihat kusam dan dehidrasi. Menggunakan produk perawatan kulit penunda penuaan yang berkualitas dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan menggantinya dengan sel yang lebih baru agar terlihat kenyal dan sehat. 

Perawatan wajah agar terlihat awet muda

1. Pakai SPF atau suncreen setiap hari 

Sinar matahari pagi memang terkenal bermanfaat untuk kulit wajah, tetapi akan menjadi jahat saat siang hari karena dapat menyebabkan kerutan, bintik-bintik, dan bahkan dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Gunakan sunscreen dengan kandungan SPF setidaknya 15. Pastikan untuk memakainya setiap hari dan ulangi pemakaian setelah 2 jam untuk perlindungan maksimal. 

2. Mengonsumsi air putih yang cukup

Idealnya setiap orang sebaiknya mengonsumsi 8 gelas air putih setiap harinya agar terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi dengan cepat dapat menyebabkan kulit terlihat kering dan kusam. Minum cukup air setiap hari untuk menutrisi kembali jaringan dan sel kulit, sehingga wajah tampak lebih muda dan lebih sehat.

Pentingnya menerapkan pola hidup yang sehat

3. Pola makan yang sehat dan bergizi

Banyak sekali jenis makanan yang kaya akan nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, ditambah dengan minyak ikan, dan protein. Buah dan sayuran meningkatkan asupan fitonutrien, yang membantu tubuh menangkal dari radikal bebas. Selain itu, memberikan nutrisi penting untuk menunda penuaan dan menjaga tubuh agar tetap fit. Sedangkan kandungan lemak omega-3 dalam minyak ikan mampu melindungi sel kulit dan meningkatkan tekstur serta kualitas kulit. Fungsinya dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan bintik hitam. 

4. Terapkan jam tidur yang cukup

Sering terlewatkan, nyatanya hal ini merupakan kunci untuk mempertahankan penampilan agar tetap awet muda. Saat mendapat waktu tidur yang cukup, tubuh kita akan memproduksi kolagen dan memperbaiki sel serta jaringan kulit dengan memberikan nutrisi penting dan membuang cairan dan racun, sehingga menghasilkan kulit yang indah. Cara menerapkan jam tidur yang benar adalah dengan tidur selama 7-8 jam, alhasil saat bangun akan terasa segar dan kulit bersinar secara alami. 

Produk perawatan untuk wajah

5. Rawat kulit wajah dengan baik dan lembut

Tak kalah penting dengan yang perawatan lainnya, gunakan rangkaian produk perawatan wajah secara rutin untuk merawat kulit, khususnya area bawah mata. Gunakan produk yang mengandung bahan-bahan sesuai dengan fokus utama permasalahan wajahmu. Untuk membantu masalah kerutan di area mata, gunakan produk perawatan mata khusus yang diformulasikan untuk area mata yang sensitif. Produk yang berkualitas dapat membantu kulit terlihat lebih baik sekarang maupun di masa mendatang. 

Beberapa rekomendasi untuk produk perawatan yang efektif mengatasi permasalahan wajah, yaitu Clarins Double Serum Eye dan Double Serum. Keduanya memiliki kandungan Hydric dan Lipidic System yang digabungkan dengan 12 ekstrak tumbuhan, termasuk kunyit. Gabungan tekstur gel dan krim yang sangat nyaman, terasa ringan, dan mudah diserap.

Memberikan efek pengencangan dan pencerahan area mata yang halus tampak berseri, seolah-olah terlihat lebih muda. Mengurangi mata bengkak dan lingkaran hitam yang sangat cocok untuk sahabat Fimela yang memiliki mata sensitif atau permasalahan penuaan.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading