Sukses

Health

5 Manfaat Teh Bunga Telang Bagi Kesehatan yang Sayang untuk Dilewatkan

Fimela.com, Jakarta Bunga telang menjadi salah satu bunga menyehatkan yang biasa digunakan untuk teh herbal. Warna bunga telang yakni ungu kebiruan. Selain digunakan sebagai minuman, bunga telang juga kerap digunakan sebagai pewarna alami makanan. 

Mengutip dari laman healthline.com, bunga telang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Manfaat ini sayang sekali jika kamu lewatkan begitu saja Sahabat Fimela. Inilah sekian manfaat dari bunga telang. 

Menyehatkan Otak

Manfaat pertama dari bunga telah yakni menyehatkan otak. Nutrisi dan zat alami yang terkandung dalam bunga telang, bantu memperbaiki sel-sel saraf dalam tubuh khususnya sel saraf di otak. Dari laman yankes.kemkes.go.id, para ahli menemukan jika telang diketahui bisa meningkatkan produksi asetilkolin, yaitu zat kimia di otak yang berperan dalam proses mengingat, mempelajari informasi, dan menjaga konsentrasi.

Antioksidan

Bunga telah bisa digunakan sebagai antioksidan yang mampu melawan berbagai paparan berbahaya. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, disimpulkan jika ekstrak metanol dalam bunga telang berpotensi besar sebagai antioksidan.

Mencegah Kerontokan Rambut

Menjaga kesehatan dan kecantikan rambut tak hanya bisa dilakukan dari luar kulit saja. Ini juga bisa dilakukan dari dalam kulit salah satunya dengan rutin konsumsi bunga telang. Senyawa khusus dalam bunga telang, bermanfaat melancarkan sirkulasi darah ke otak hingga kulit kepala di mana ini bisa menjaga kesehatan pun kecantikan rambut.

Bikin Bahagia

Perasaan tenang dan bahagia, akan kamu dapatkan dengan konsumsi bunga telang. Penelitian menemukan jika konsumsi bunga telang bisa meredakan stres, depresi dan risiko kecemasan. Aroma wangi dari bunga telang, warna teh yang menyenangkan, bisa bikin siapa saja lebih bahagia setelah meminumnya.

Menyehatkan Jantung

Konsumsi bunga telah juga dipercaya bisa menyehatkan jantung. Beberapa penelitian bahkan menemukan jika ini bisa bantu mencegah risiko hipertensi dan masalah kesehatan serius lainnya. 

Nah, itulah sekian manfaat dari teh bunga telang yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita makin bijak dalam memilih makanan serta minuman sehat bermanfaat. 

#BreakingBoundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading