Sukses

Health

Sering Diolah Menjadi Teh, Inilah Manfaat Bunga Telang

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tidak tahu bunga telang? Bunga yang berwarna biru keunguan ini mulai dilirik banyak orang karena dapat diolah menjadi banyak olahan, mulai dari makanan maupun minuman. Banyak orang yang mengolah bunga telang menjadi teh, loh. Mulai banyak orang yang menanam bunga ini di karangan mereka. Selain untuk mempercantik taman, namun juga agar tidak repot-repot membeli bunga telang kering di pasaran. 

Tidak hanya tampilannya yang cantik dan menarik, pasalnya, bunga telang dipercayai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Lantas, apa saja sih manfaat bunga telang yang perlu kamu ketahui? Yuk, kita simak bersama.

Sebagai Antidepresan

Siapa sangka bahwa bunga telang dapat meringankan gejala depresi? Rupanya bunga telang mengandung asam palmitat yang memiliki sifat antioksidan dan berperan menjadi antidpresan alami, loh. Tak hanya itu, bunga telang juga dapat meningkatkan mood atau suasana hati. Hal ini dapat menjadi obat stress dan mengurangi gejala cemas ataupun depresi. 

Mengurangi Kadar Kolesterol

Selain mengandung asam palmitat, bunga telang juga mengandung asam linolenat. Pasalnya, senyawa ini dapat mengontrol kadar kolesterol. Dengan terkontrolnya kadar kolesterol dalam darah, maka akan berpengaruh pula kepada kesehatan jantung. 

Mengurangi Resiko Diabetes

Rupanya bunga telang dapat meringankan resiko diabetes, loh. Bunga telang dapat menjaga kestabilan kadar gula darah seseorang dengan cara mengontrol penyerapan gula darah pada tubuh. Bunga satu ini juga dapatmenyembuhkan diabetes tipe II. Kamu bisa minum secangkir teh bunga telang untuk mengatur kadar gula darah.

Meringankan Gejala Hipertensi

Dalam bunga telang, terdapat kandungan senyawa antosianin yang dapat mengurangi sifat kaku pada arteri. Jika kondisi arteri menjadi kaku, maka itu sangat bahaya karena dapat menghempit aliran darah dan juga meningkatkan resiko penyakit jantung. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi bunga telang dapat mengurangi tekanan darah yang tinggi dan menjaga kesehatan jantung.

Sebagai Anti Inflamasi

Bunga telang mengandung asam oleat yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada tubuh dan menurunkan resiko gejala kanker. Bunga telang juga mengandung antioksidan yang tinggi dan berperan sebagai anti inflamasi. Tidak hanya itu, bunga telang dipercaya dapat meredakan nyeri dan pembengkakan bagi tubuh.

Itulah 5 manfaat dari bunga telang yang baik bagi kesehatan tubuh. Agar kamu bisa merasakan manfaat tersebut, kamu bisa mengolah bunga ini menjadi berbaga olahan. Semoga bermanfaat.

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading