Sukses

Health

6 Makanan Kaya Nutrisi untuk Kesehatan Otak

Fimela.com, Jakarta Apa yang sebaiknya kita makan untuk menjaga kesehatan otak dengan baik? Kita semua pernah mendengar tentang berbagai jenis makanan yang baik untuk otak, tetapi makanan seperti apa yang sebenarnya memberikan nutrisi yang berguna meningkatkan ingatan, perhatian, dan suasana hati? 

Chairman, Herbalife Nutrition Institute, David Heber mengatakan nutrisi memengaruhi kesehatan otak dalam berbagai cara. Apa yang kita makan tidak hanya memberi energi pada sel-sel otak kita, tetapi juga memberikan kebahagiaan dalam hidup, yang dapat mendukung suasana hati yang stabil. 

“Para ilmuwan gizi telah mencatat bahwa makanan yang kita konsumsi dapat memiliki efek yang jauh lebih kompleks pada suasana hati dan temperamen kita,” jelas David. Berikut ini adalah rekomendasi utama untuk ditambahkan ke dalam makananmu:

Minyak Ikan

Jika ada satu makanan yang dapat dikaitkan dengan kesehatan otak, mungkin ini adalah makanan yang tepat. Alasannya adalah ikan berlemak - seperti ikan sarden, salmon, dan trout - memiliki kadar omega-3 yang tinggi. Ikan yang dipelihara di peternakan, termasuk ikan nila dan beberapa jenis salmon, memiliki kandungan omega-3 dan omega-6, tetapi kurang diinginkan. Selalu mintalah ikan hasil tangkapan laut.

Sekitar 60 persen otak terdiri dari lemak, dan asam lemak omega-3 berantai panjang (EPA dan DHA) yang terdapat dalam ikan adalah jenis lemak yang tidak diproduksi dengan efisien oleh tubuh, sehingga harus mendapatkannya dari makanan. Asam lemak omega-3 juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung.

Teh Hitam dan Teh Hijau

Teh hitam dan teh hijau memberikan hidrasi sepanjang hari yang penting untuk otak, sambil memulai aktivitas termogenik (metabolisme) dan meningkatkan rasa energi. Kafein dikenal karena manfaat alami dalam meningkatkan metabolisme, sementara teh hijau memiliki sifat antioksidan.

Teh-teh ini juga mendukung aktivitas antioksidan dalam tubuh, yang membantu melindungi dari kerusakan radikal bebas. Jangan langsung minum teh Anda, berikan waktu agar air dapat mengekstrak dan mengkonsentrasikan komponen teh sehingga Anda mendapatkan manfaat maksimal.

Lutein

Lutein adalah senyawa fitonutrien antioksidan berwarna kuning yang ditemukan dalam bayam, kubis dan alpukat, serta suplemen makanan untuk kesehatan mata. Lutein terkonsentrasi di bagian belakang mata pada area yang disebut makula, yang paling terpapar sinar ultraviolet akibat fokus cahaya oleh lensa mata.

Mata terhubung dengan otak melalui saraf optik, dan lutein diangkut ke otak di mana konsentrasinya lebih tinggi daripada di dalam darah (58% antioksidan seperti karoten dalam otak, tetapi hanya 28% dari keluarga fitonutrien ini dalam aliran darah). Sekarang ada studi baik pada orang muda maupun lansia yang menunjukkan efek positif lutein pada fungsi otak.

Dark Cokelat

Makanan lezat ini kaya akan flavonoid, tetapi pastikan mendapatkan cokelat dengan kandungan kakao setidaknya 70%. Flavonoid, yang merupakan antioksidan kuat yang dapat meningkatkan daya ingat dan membantu melambatkan penurunan mental terkait usia, terdapat dalam kakao tetapi tidak semua cokelat. 

Misalnya, cokelat putih tidak mengandung kakao dan banyak permen hanya memiliki 30% kakao. Berita baiknya? Cokelat menjadi guilty pleasure, karena juga membuat otak melepaskan dopamine, yang meningkatkan suasana hati atau mood. 

Telur

Telur dan kuning telur kaya protein dan vitamin seperti B, D, dan E, yang dapat membantu meningkatkan daya ingat. Kolin juga terdapat dalam telur; ini adalah mikronutrien yang digunakan tubuh Anda untuk membuat asetilkolin, neurotransmitter yang membantu mengatur mood dan daya ingat. Kuning telur juga mengandung lutein yang dapat membantu kesehatan otak.

Minyak Zaitun Virgin

Minyak zaitun extra virgin kaya akan polifenol yang disebut hidroksitirosol, yang dihilangkan dalam bentuk minyak zaitun yang diproses. Antioksidan yang kuat ini dapat meningkatkan pembelajaran dan daya ingat, tetapi juga mengandung senyawa yang meniru penghilang rasa sakit.

Senyawa yang disebut oleokantal, bekerja seperti ibuprofen untuk menghambat komponen dari jalur rasa sakit yang disebut sistem prostaglandin.

“Pada akhirnya, pastikan untuk mengonsumsi makanan berkualitas tinggi yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan. Bagian penting lainnya dalam menjaga otak sehat adalah melakukan latihan neurobik, yang membantu meningkatkan perhatian, daya ingat, kognisi, dan suasana hati. Otak adalah organ yang tidak dapat ditransplantasi atau diganti, jadi jagalah dengan baik,” tutup David Herber.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading