Sukses

Health

Cara Menurunkan Demam Pada Anak dengan Bahan-bahan Alami

Fimela.com, Jakarta Demam adalah kondisi yang cukup umum dialami oleh kebanyakan orang. Demam bisa dialami oleh siapapun, baik itu anak kecil maupun orang dewasa. Umumnya demam disertai dengan beberapa gejala, seperti flu, batuk hingga tubuh yang terasa panas.

Meskipun sudah jadi kondisi yang umum, namun demam tak boleh disepelekan. Demam bisa menjadi suatu gejala penyakit serius. Jika tidak segera ditangani, demam bisa membahayakan kesehatan.

Salah satu cara menurunkan demam adalah dengan meminum obat penurun panas atau antipiretik. Namun anak kecil umumnya belum terbiasa atau bahkan tidak suka minum obat. Namun Moms jangan panik dan khawatir ya. Demam pada anak bisa diatasi dengan berbagai bahan alami. Berikut berbagai bahan alami yang bisa menurunkan demam pada anak.

1. Sup Hangat

Hal yang paling membahayakan ketika anak demam bukan demam itu sendiri, namun bahaya dehidrasi. Demam pada anak membuatnya berkeringat berlebihan dan dan kehilangan bebagai mineral penting.

Inilah sebabnya Moms perlu memastikan anak minum cukup cairan sepanjang hari untuk mengimbangi elektrolit yang hilang. Semangkuk sup panas adalah salah satu pengobatan rumahan terbaik untuk menurunkan demam pada anak secara alami.

2. Teh Herbal

Kalau anak tidak mau makan sup hangat, Moms bisa coba buatkan anak teh herbal hangat. Selama tidak mengandung kafein, teh herbal aman untuk anak-anak. Teh jadi salah satu pengobatan rumah alami terbaik untuk demam yang akan membuatnya tetap terhidrasi.

Teh kamomil jadi pilihan populer untuk menurunkan demam pada anak. Sementara teh peppermint dapat membantu mengatasi perut yang tidak enak dan meredakan saluran yang tersumbat. Moms juga bisa menambahkan satu sendok teh madu ke dalam teh untuk rasa yang lebih enak dan kekuatan antibacterial ekstra.

3. Probiotik

Probiotik dapat membantu mengurangi demam pada anak. Hal ini dikarenakan hampir 80 persen dari sistem kekebalan tubuh terletak pada mikroba kecil yang hidup di usus.

Untuk membantu memperkuat mikrobiota usus anak saat sakit, beri anak satu dosis suplemen probiotik setiap hari. Moms juga bisa memberi suplemen probiotik dalam pengobatan antibiotik untuk mencegah sakit perut.

4. Kompres Dingin

Kompres dingin digunakan untuk menurunkan suhu tubuh secara signifikan. Tambahkan dua sendok makan cuka sari apel ke dalam empat sendok makan air dingin. Cuka berguna sebagai penghilang panas.

Ambil kain bersih, celupkan ke dalam campuran tersebut lalu oleskan ke dahi anak. Lanjutkan proses ini hingga terjadi penurunan suhu. Cara ini merupakan cara yang digunakan oleh para ibu di India yang untuk mengatasi demam pada anak.

5. Minum Air Kelapa Muda

Salah satu cara menurunkan demam dengan cepat yakni menggunakan air kelapa muda. Air kelapa muda mengandung kalium. Saat tubuh mengalami demam, banyak keringat yang keluar untuk menurunkan suhu tubuh. Untuk itu, konsumsilah air kelapa muda untuk menggantikan keringat yang keluar.

Itulah 5 cara alami untuk meredakan demam yang dialami si kecil. Semoga bisa membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading