Sukses

Health

5 Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Mengering dan Tak Makin Parah

Fimela.com, Jakarta Semua orang pasti pernah mendapatkan luka. Baik itu luka terbuka maupun luka yang cukup parah seperti luka bernanah. Semua jenis luka harus segera diobati agar tidak menjadi infeksi.

Luka yang dibiarkan saja rentan dimasuki atau tertempel berbagai jenis kuman atau bakteri. Hal itulah yang menyebabkan infeksi pada luka. Infeksi pada luka biasanya ditandai dengan adanya nanah di dalamnya.

Luka bernanah bisa dikatakan termasuk luka yang cukup parah. Jika sudah demikian, maka harus segera diobati agar tak semakin parah. Berikut cara mengobati luka bernanah yang benar agar cepat mengering dan tidak semakin parah.

1. Salep Antibiotik

Salah satu cara mengobati luka bernanah adalah dengan menggunakan salep pengering luka bernanah. Salep yang disarankan untuk luka bernanah umumnya adalah salep antibiotik. Antibiotik sangat efektif dalam membunuh kuman atau bakteri penyebab infeksi pada luka bernanah.

2. Obat Merah

Kamu juga bisa mengobati luka bernanah menggunakan obat merah yang mengandung antiseptik. Sebelum menggunakan obat merah pada area luka, kamu bisa mengompres luka terlebih dahulu menggunakan kain kasa steril yang telah direndam air antiseptik selama 5 menit. Setelah itu, beri obat merah pada luka secukupnya.

3. Obati dengan Madu

Ingin mengobati luka bernanah menggunakan bahan alami? Kamu bisa mencoba menggunakan madu. Madu bersifat antioksidan, antibakteri dan anti-inflamasi yang mampu membunuh bakteri atau kuman penyebab infeksi pada luka bernanah.

Namun, mengoleskan madu pada luka pascaoperasi dapat menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, madu hanya boleh digunakan untuk luka kecil dan tidak disarankan untuk luka besar, kecuali atas anjuran dokter.

4. Lidah Buaya

Seperti halnya madu, lidah buaya juga sudah dikenal sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Lidah buaya mengandung sifat antibakteri dan antiradang yang dapat mempercepat penyembuhan jaringan kulit. Sensasi dingin pada lidah buaya juga mampu menenangkan dan memberikan kenyamanan pada kulit yang luka.

5. Kunyit

Kunyit mengandung komponen bernama curcumin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri alami sehingga kamu dapat mengoleskannya pada kulit yang terluka untuk membantu penyembuhannya. Selain itu, kunyit ternyata juga memiliki sifat anti-infeksi sehingga dapat mengeringkan luka bernanah.

Itulah 5 cara mengobati luka bernanah agar cepat kering dan tidak semakin parah. Jika luka bernanah yang kamu alami tak kunjung sembuh atau justru semakin parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar segera mendapatkan penanganan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading