Sukses

Health

Kenali Penyebab Munculnya Benjolan di Pantat yang Tak Boleh Diabaikan

Fimela.com, Jakarta Suatu benjolan yang tiba-tiba muncul di area tubuh tertentu kadang bikin panik dan khawatir. Hal ini wajar karena banyak orang beranggapan benjolan di area tubuh muncul karena penyakit tertentu seperti tumor.

Benjolan bisa muncul di area manapun. Salah satunya adalah di area pantat. Benjolan di pantat tentunya sangat mengganggu dan bikin tak nyaman. Terkadang kondisi ini disertai kondisi lain yang cukup parah seperti terasa sakit atau sampai pendarahan.

Ketika mengalami kondisi ini, jangan buru-buru panik. Untuk mengatasinya, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami penyebabnya terlebih dahulu. Berikut penyebab munculnya benjolan di pantat yang harus segera disadari.

1. Bisul

Salah satu gejala dari bisul adalah munculnya benjolan yang berwarna kemerahan dan terkadang disertai titik putih yang berisi nanah. Namun tak jarang pula tidak disertai dengan nanah. Bisul bisa muncul di mana saja, seperti di pantat.

Bisul muncul akibat infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Agar bisul cepat mereda, jangan dipecahkan karena bisa memperluas area infeksi. Cukup jaga kebersihan area pantat dan kompres dengan air hangat 3-4 kali dalam sehari.

2. Folikulitis

Folikulitis adalah peradangan pada folikel rambut. Sama seperti bisul, folikulitis juga bisa terjadi di area mana saja, termasuk di area pantat. Folikulitis muncul karena penggunaan pakaian yang terlalu ketat atau infeksi bakteri.

3. Infeksi Virus HPV

Infeksi virus HPV (human papillomavirus), yang umumnya ditularkan saat melakukan hubungan seksual yang tidak aman, termasuk salah satu penyebab munculnya benjolan di pantat. Kutil anus merupakan kondisi yang terjadi akibat infeksi virus ini.

Pada sebagian orang, kutil anus tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, beberapa keluhan, seperti gatal, perdarahan, serta rasa mengganjal di sekitar lubang pantat, juga bisa menjadi keluhan akibat kutil pantat. Cara menangani kutil anus akan disesuaikan dengan tingkat keparahannya, mulai dari penggunaan salep hingga operasi.

4. Ambeien atau Wasir

Benjolan ambeien dapat tumbuh di sekitar lubang pantat atau di dalamnya. Salah satu kebiasaan yang memicu terjadinya ambeien adalah sering mengejan terlalu keras akibat susah BAB atau konstipasi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meredakan ambeien adalah dengan mengonsumsi makanan berserat. Namun jika ambeien yang dialami sudah parah, dokter biasanya akan menyarankan untuk operasi.

5. Perianal Hematoma

Perianal hematoma terjadi ketika pembuluh darah di pantat pecah akibat mengejan terlalu keras saat BAB, mengangkat berat, atau duduk terlalu lama. Benjolan di pantat akibat perianal hematoma memiliki warna ungu gelap seperti memar dan terasa makin sakit apabila ukurannya makin besar.

Sebagian penyebab benjolan di pantat bisa sembuh dengan perawatan mandiri seperti menjaga kebersihan area pantat dan mengompres dengan air hangat. Namun jika benjolan tersebut tak kunjung sembuh atau justru semakin parah, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading