Sukses

Health

13 Tanda Hamil Muda yang Paling Mudah Dirasakan

Fimela.com, Jakarta Kehamilan menjadi momen yang begitu mengesankan untuk setiap perempuan. Tak jarang, momen ini sangat ditunggu sepasang suami istri. Baik suami istri yang baru menikah, atau mereka yang sudah lama menikah. Ada banyak hal menarik tentang kehamilan yang penting diketahui. Hal tersebut termasuk tanda hamil muda di awal kehamilan. 

Mengutip dari laman parents.com, ada beberapa tanda kehamilan muda yang tak seharusnya diragukan lagi. Tanda ini mungkin kelihatan sangat sepele dan sederhana. Tapi untuk keakuratannya, kamu yang sedang hamil muda akan merasakan dan menyadarinya. Adanya pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan, setidaknya mampu membuat tubuh ibu mengalami berbagai perubahan.

Berikut adalah beberapa tanda kehamilan muda yang paling mudah untuk dirasakan dan diketahui.

Tidak Menstruasi

Ini adalah tanda pertama yang paling umum terjadi. Saat seseorang positif hamil, ia akan berhenti menstruasi selama kehamilannya. Jadi, kita kamu menemukan telat menstruasi sementara sebelumnya aktif berhubungan intim tanpa pengaman, jangan ragu segera melakukan tes kehamilan. 

Sakit di Puting Payudara

Perempuan yang hamil muda umumnya mengalami rasa sakit di puting payudaranya. Meski rasa sakit ini juga identik dengan awal kedatangan menstruasi, sakitnya puting payudara saat hamil biasanya disertai dengan tingkat sensitifitas yang lebih tinggi.

Nyeri atau Kram Perut

Tak hanya di awal menstruasi perut terasa lebih nyeri dan kram. Saat hamil muda, ini juga sangat kerap terjadi. Hanya saja, nyeri atau kram perut ini akan terasa lebih lama dari biasanya.

Mual dan Muntah

Saat mendapati mual dan muntah di pagi hari, bisa jadi ini sebagai awal tanda kehamilan. Apalagi jika hal ini bebarengan dengan momen telatnya menstruasi. Kehamilan bisa mengubah kadar hormon dalam tubuh. Inilah yang meningkatkan risiko mual, muntah hingga lemas bagi ibu hamil.

Perut Bagian Bawah Berkedut

Biasanya, perempuan yang sedang hamil perutnya terasa berkedut dan tidak nyaman di bagian bawah. Kedutan ini akan terasa sangat jelas dan bisa terjadi sewaktu-waktu. 

Pendarahan Ringan

Studi menemukan jika kehamilan muda juga kerap ditandai dengan adanya pendarahan ringan. Umumnya darah yang keluar dari vagina tidak merah pekat melainkan merah muda. Paling lama pendarahan ini terjadi selama 2 hari hingag 3 hari. Jika pendarahan terjadi lebih lama, pastikan untuk segera memeriksakan kondisi kehamilan ke ahlinya. 

Perubahan Bentuk Perut

Saat hamil, perut akan berubah dari biasanya. Perut akan tampak lebih besar, buncit dan tak seperti sebelumnya. Semakin banyak usia kehamilan, akan semakin membesar perut Mom.

Perut Lebih Rentan Kembung

Jika Mom mengalami masalah perut yang rentan terhadap kembung, coba cek lagi kapan terakhir kali menstruasi. Perut kembung juga sebagai indikasi adanya kehamilan muda. Inilah yang kemudian membuatmu lebih mudah merasa mual dan muntah.

Diare Tanpa Gejala

Diare saat hamil biasanya disebabkan oleh banyaknya bakteri dalam usus. Ini bisa terjadi kapan saja dan tanpa gejala apapun. Tubuh yang fit, makanan yang bersih, belum tentu mencegahmu dari risiko diare selama kehamilan. 

Meningkatkan Frekuensi Buang Air Kecil

Saat Mom lebih sering buang air kecil padahal asupan cairan seperti biasanya, ini juga sebagai salah satu tanda kehamilan muda yang mudah dikenali. Saat hamil kandung kemih akan tertekan oleh kantong kehamilan. Akibatnya, ini meningkatkan frekuensi buang air kecil.

Keputihan atau Lendir di Miss V

Kehamilan juga menyebabkan adanya keputihan atau lendir yang makin banyak di miss V. Tak jarang, kehamilan memicu berkembangnya jamur di organ intim yang memicu produksi keputihan atau cairan di sekitarnya. 

Gusi yang Mudah Berdarah

Tanda kehamilan juga akan ditunjukkan dengan adanya kondisi gusi mudah berdarah. Jika ibu hamil mengalami kondisi ini, sebaiknya ia segera memeriksakan kondisi gusi, gigi dan kesehatan mulutnya.

Tidur Terganggu

Gangguan tidur ini bisa terjadi karena ibu hamil lebih sering buang air kecil, kram perut dan ketidaknyaman lainnya. Gangguan tidur tak hanya terjadi saat malam hari tetapi juga di siang hari. 

Itulah sekian tanda kehamilan muda yang begitu mudah untuk dikenali. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading