Sukses

Health

Penyebab Mata Berkunang-kunang dan Terasa Pusing yang Harus Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Pusing sebenarnya merupakan kondisi yang cukup umum dialami oleh banyak orang. Biasanya pusing terjadi karena stres atau hal lainnya. Pusing juga bisa dibilang merupakan suatu kondisi yang cukup ringan dan bisa ditangani sendiri. Pusing bisa diatasi menggunakan obat-obatan OTC (Over the Counter) atau bisa juga dengan istirahat yang cukup.

Pusing juga bisa disertai dengan berbagai gejala lainnya, misalnya mata yang berkunang-kunang. Kondisi ini juga cukup umum terjadi. Meskipun demikian pusing yang disertai dengan mata berkunang-kunang wajib diatasi dengan segera sebelum semakin parah.

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, ketahui terlebih dahulu penyebab dari mata berkunang-kunang yang disertai dengan pusing. Berikut penyebab mata berkunang-kunang dan pusing yang kamu alami.

1. Gula Darah Rendah

Hipoglikemia atau kondisi gula darah rendah dapat menyebabkan seseorang mengalami mata berkunang-kunang disertai pusing atau sakit kepala. Kondisi ini juga umumnya dialami oleh penderita diabetes atau orang orang yang sedang melakukan pengobatan insulin.

Selain itu olahraga yang berlebihan serta kebaiasaan menunda makan juga dapat menyebabkan hipoglikemia yang menyebabkan mata berkunang-kunang hingga pusing.

Hal ini dikarenakan saat gula darah rendah, maka di waktu yang bersamaan ketersediaan glukosa dalam tubuh juga akan ikut berkurang sehingga menyebabkan fungsi otak tidak bisa maksimal.

2. Anemia

Anemia terjadi karena hemoglobin di dalam tubuh seseorang menurun, padahal hemoglobin memiliki tugas untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Saat kamu mengalami anemia, maka hemoglobin yang bertugas membawa oksigen ke otak juga tidak dapat melakukan fungsinya, yang pada akhirnya menyebabkan mata berkunang-kunang disertai sakit kepala atau pusing. 

3. Kurang Istirahat

Saat kamu kurang istirahat, organ-organ di dalam tubuh akan dipaksa bekerja ekstra keras sehingga fungsi organ-organ tersebut menurun.

Kondisi ini memicu gejala mata berkunang-kunag disertai sakit kepala. Maka dari itu, tidur dan istirahat yang cukup adalah hal yang penting dan perlu kamu perhatikan. 

4. Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah juga dapat menyebabkan seseorang mengalami kondisi mata berkunang-kunang dan sakit kepala. Hal ini biasanya terjadi karena dehidrasi, masalah kesehatan pada jantung, kekurangan vitamin dan folat, serta pendarahan.

5. Masalah Pada Jantung

Mata berkunang-kunang disertai sakit kepala juga dapat terjadi karena kondisi jantung yang sedang tidak normal dan kondisi ini disebut dengan istilah aritmia. Aritmia adalah masalah pada jantung yang terjadi ketika jantung berdenyut sangat cepat atau sebaliknya, sangat lambat.

Jika kamu mengalami mata berkunang-kunang yang disertai dengan pusing atau sakit kepala yang bertahan cukup lama, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Nantinya dokter akan memberikan diagnosa serta penanganan agar kondisi yang kamu derita segera membaik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading