Sukses

Health

5 Cara Menurunkan Demam Saat Hamil Tanpa Efek Samping

Fimela.com, Jakarta Demam bisa terjadi pada siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bahkan pada ibu hamil. Demam sendiri merupakan kondisi di mana suhu tubuh berada di atas normal (36,5 - 37,5 derajat celcius). Pada ibu hamil, demam sering kali bikin panik, cemas dan khawatir. Terlebih lagi, ibu hamil tak bisa sembarang konsumsi obat penurun panas secara sembarangan. 

Perlu diketahui, demam terjadi sebagai tanda dari adanya risiko penyakit dalam tubuh.Saat demam berarti tubuh sedang melawan penyakit dan berusaha bertahan untuk mengatasi penyakit tersebut. Mengutip dari laman healhtline.com, agar demam pada ibu hamil bisa segera turun tanpa efek samping, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Cara tersebut antara lain sebagai berikut. 

Istirahat Cukup

Pastikan untuk memiliki waktu istirahat cukup selama kehamilan dan demam. Kompres dahi dengan waslap atau kain bersih yang telah dibasahi dengan air hangat. Istirahat cukup sebagai salah satu cara termudah untuk menurunkan demam secara perlahan.

Perbanyak Minum Air Putih

Usahakan untuk memperbanyak konsumsi air putih saat demam. Konsumsi air putih membantu tubuh mencukupi kebutuhan cairan dengan baik. Semakin banyak air yang dikonsumsi, akan semakin tinggi frekuensi buang air kecil yang membantu menghilangkan penyakit dari tubuh lewat urin. 

Gunakan Pakaian Tipis dan Nyaman

Hindari memakai pakaian yang terlalu tebal dan panas saat demam. Ini akan membuat demam semakin tinggi. Sebaiknya, gunakan pakaian yang tipis dan nyaman. Apa yang kamu kenakan selama demam, bisa berpengaruh besar terhadap kenyamanan dan kondisi kesehatan. Pakaian yang nyaman akan membantumu merasa lebih baik.

Mandi Air Hangat

Tak ada salahnya untuk mandi air hangat saat demam. Selain bisa membuat tubuh lebih rileks dan nyaman, mandi air hangat bikin tubuh jadi lebih bersih. Meski mandi dianjurkan, hindari keramas saat demam.

Konsumsi Obat Penurun Demam

Jika dalam dua hari demam tidak turun, minumlah obat penurun demam khusus ibu hamil yang direkomendasikan oleh dokter. Beberapa obat penurun panas tetap aman dikonsumsi selama kehamilan. 

Nah, itulah sekian cara untuk menurunkan demam selama kehamilan tanpa efek samping buruk. Selain cara di atas, pastikan pula untuk konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang setiap harinya. Nutrisi yang kamu konsumsi setiap hari, berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh dan melawan berbagai infeksi pun penyakit. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading