Sukses

Health

5 Sayuran Penurun Kolesterol yang Baik untuk Jantung

Fimela.com, Jakarta Sangat penting menjaga kesehatan jantung. Sayangnya, tanpa sadar kita sering melakukan gaya hidup yang kurang sehat. Pola hidup yang kurang sehat ini sangat berbahaya untuk kesehatan, bahkan bisa menyebabkan kadar kolesterol jahat meningkat.

Tingginya kadar kolesterol jahat atau LDL, dapat menyebabkan risiko penyakit jantung dan stroke. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengubah pola makan. Sahabat Fimela dapat memilih sayur untuk dikonsumsi setiap hari.

Tak hanya kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Beberapa jenis sayuran juga memiliki kandungan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Berikut jenis sayuran penurun kolesterol yang bisa dikonsumsi setiap hari:

Sayuran Penurun Kolesterol

1. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan serat dan senyawa bioaktif, seperti sulforaphane. Senyawa ini dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Brokoli juga mengandung fitosterol, yang dapat menghambat penyerapan kolesterol jahat di usus, membantu menjaga kadar kolesterol tetap seimbang, dan dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

2. Bayam

Bayam merupakan sumber serat yang baik bagi tubuh dan mengandung senyawa lutein yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Kandungan tinggi serat dalam bayam membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga kadar kolesterol di dalam tubuh tetap normal dan terhindar dari penyakit jantung.

3. Terong

Terong mengandung zat warna alami yang disebut anthocyanin. Anthocyanin memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu menjaga kolesterol tetap normal dan menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, terong juga mengandung serat pektin, yang membantu mengurangi penyerapan kolesterol jahat dan membantu mengeluarkan kolesterol berlebih dari tubuh.

Sayuran Penurun Kolesterol

4. Wortel

Wortel dikenal sebagai sumber beta-karoten, yang penting untuk kesehatan mata dan kulit. Tapi ternyata, wortel juga memiliki manfaat dalam mengatur kadar kolesterol. Serat larut yang terdapat dalam wortel membantu mengikat asam empedu dan kolesterol, untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.

5. Buncis

Terakhir, buncis adalah sayuran yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Serat dalam buncis membantu mengikat asam empedu dan kolesterol, mengurangi penyerapan kembali ke dalam tubuh. Selain itu, buncis juga mengandung fitosterol, yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap terkontrol.

Selain mengonsumsi sayuran ini, perlu diingat bahwa pola makan yang seimbang dan gaya hidup sehat juga penting dilakukan dalam menjaga kesehatan jantung dan mengontrol kadar kolesterol.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading