Sukses

Health

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Menambah Berat Badan tanpa Disadari

Fimela.com, Jakarta Perubahan gaya hidup yang sudah kamu lakukan seperti makan makanan bergizi, olahraga teratur dan rencana penurunan berat badan yang matang mungkin tidak cukup untuk membantu kamu menurunkan berat badan. Mungkin ada rutinitas harian kecil yang tidak kamu sadari dapat menambah berat badan. 

Hal-hal seperti preferensi untuk alternatif makanan nabati, gym atau olahraga atau bahkan pilihan pakaian kasual pun dapat memperlambat proses penurunan berat badan secara signifikan. Dilansir dari brightside.me dan eatthis (24/8) ini 5 kebiasaan sehari-hari yang menambah berat badan tanpa disadari. Apa saja? 

Memakai skinny jeans

Celana ini menciptakan ilusi dan membantu kamu terlihat lebih ramping. Tetapi, sering memakainya dapat menyebabkan beberapa masalah. Skinny jeans menekan paha, bokong dan inti tubuh sehingga mencegah otot-otot untuk melakukan fungsi penopangnya. Setelah berada di bawah tekanan untuk waktu yang lama, otot-otot ini menjadi rileks dan mulai terlihat lembek.

Terlalu banyak menonton TV

Penelitian di University of Vermont menemukan bahwa orang yang mengalami kelebihan berat badan dan mengurangi waktu menonton TV sampai 50% rata-rata membakar 119 kalori per harinya. Kamu bisa memaksimalkan hal tersebut dengan melakukan banyak tugas setelah makan seperti tugas rumah tangga yang ringan juga akan membantu meningkatkan pembakaran kalori dibanding menonton TV.

Terlalu banyak olahraga

Olahraga teratur memang banyak membantu kamu untuk mendapatkan tubuh yang ramping dan mengurangi tingkat stres. Namun, terlalu banyak berolahraga juga dapat meningkatkan kadar kortisol yang menyebabkan tubuh kamu menyimpan lebih banyak lemak dan lebih menginginkan makanan. Disarankan untuk melakukan aktivitas aerobik sedang selama 150 menit dalam seminggu sedangkan kelompok utama otot perlu dilatih setidaknya 2 kali dalam seminggu. 

Tidur dengan lampu menyala

Siapa yang suka tidur dengan lampu yang menyala? Kebiasaan ini bisa menyebabkan kenaikan berat badan tanpa kamu sadari, sebuah penelitian dari American Journal of Epidemiology menemukan bahwa tidur di kamar gelap 21% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami obesitas dibandingkan mereka yang tidur dengan kamar yang ada cahaya paling terang.

Minum kopi susu

Kopi tidak akan merusak penurunan berat badan, tetapi menambahkan sesuatu ke kopi yang bisa menambah berat badan. Banyak yang memilih untuk minum kopi dengan tambahan susu atau krim daripada secangkir kopi hitam. Gula dan lemak dalam minuman ini dapat menambah jumlah kalori dan minum secara teratur akan menambah berat badan dengan cepat. Kopi hitam hanya mengandung 4 kalori, sedangkan secangkir cappucino susu bisa mengandung 110 kalori.

Sahabat Fimela, demikian 5 kebiasaan sehari-hari yang tidak kamu sadari dapat menambah berat badan. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading