Sukses

Health

Mengenal Mad Honey, Madu dengan Kandungan Unik yang Baik bagi Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Seperti yang telah diketahui terdapat berbagai jenis madu, salah satunya Mad Honey. Secara umum madu memiliki rasa manis dengan tekstur kental yang berasal dari nektar bunga. Setiap jenis madu pun menghasilkan rasa dan aroma yang berbeda dengan segudang khasiat. Begitu juga dengan Mad Honey, madu ini terbilang cukup unik karena komposisi dan khasiatnya yang berbeda dengan madu jenis lain.

Dilansir dari everestorganichome.com, Mad Honey berasal dari nektar spesies bunga Rhododendron yang dapat ditemukan di wilayah Nepal. Madu ini mengandung zat yang disebut grayanotoxin yang dapat menyebabkan berbagai efek. Salah satu efek dari madu ini adalah perasaan senang dan tenang karena adanya kandungan halusinogen.

Harga madu ini lebih mahal dari madu jenis lainnya karena cara memanennya tidak biasa dan tergolong ektrem. Pemanen Mad Honey harus menempuh perjalanan jauh untuk mendapatkan madu yang tergantung 100 meter di bawah bibir tebing. Selain itu, lebah madu yang mengumpulkan nektar Mad Honey merupakan lebah madu terbesar di dunia, dengan ukuran 22 kali lebih besar dari lebah madu biasa dan lebih dikenal dengan nama Apis Dorsata Laboriosa.

Kandungan Mad Honey

Mad Honey mengandung zat beracun, yang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menimbulkan rasa mual dan muntah. Namun, kandungan greyatoxin ini juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan kesehatan mental, fisik, dan spiritual secara keseluruhan.

Komposisi pasti madu ini dapat bervariasi tergantung pada spesies Rhododendron yang dimakan lebah dan faktor lainnya. Namun, biasanya mengandung berbagai gula, asam organik, enzim, asam amino, dan senyawa lain yang ditemukan dalam madu biasa.

Madu ini telah dikenal selama bertahun-tahun, karena rasanya yang manis dan khasiat penyembuhan di dalamnya yang telah digunakan dalam dunia pengobatan dan terapi untuk mengobati berbagai penyakit.

Dikutip dari laman everestorganichome.com, berikut beberapa manfaat Mad Honey bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Mad Honey bagi Kesehatan Tubuh

1. Membantu Mengontrol Berat Badan 

Mad Honey mengandung protein dan karbohidrat kompleks yang dapat membantu peminumnya menambah energi, serta membantu dalam pemulihan otot pasca berolahraga. Mad Honey juga mengandung senyawa lainnya, seperti vitamin B6, vitamin C, berbagai mineral alami (seng, zat besi, dan magnesium) untuk sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. 

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Mad Honey ternyata mengandung kadar antioksidan yang cukup tinggi sehingga dengan kandungannya tersebut, madu ini dinilai mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Zat tersebut sangat luar biasa untuk memperbaiki kerusakan sel. Efeknya, Anda tidak akan mudah jatuh sakit. 

3. Membantu Penderita Diabetes

Kandungan indeks glikemik yang rendah pada Mad Honey, madu ini sangat cocok untuk penderita diabetes sebagai pengganti gula dalam resep makanan mereka. Madu ini cenderung memiliki kadar gula yang rendah dibandingkan bahan pemanis lainnya. Anda yang juga memerhatikan asupan gula harian sangat cocok beralih ke Mad Honey tersebut.

4. Meningkatkan Kesehatan Pernapasan

Penyakit dalam saluran pernapasan, seperti bronkitis, asma, sampai batuk biasa ternyata efektif dapat disembuhkan dengan kandungan yang terdapat dalam Mad Honey. Dalam pengobatan konvensional, madu ini sudah sejak lama digunakan sebagai obat rumahan untuk sakit tenggorokan dan batuk. Madu ini mampu melawan infeksi bakteri dengan kandungan antibakteri yang tinggi. 

5. Memperbaiki Masalah Kulit

Dalam bidang kosmetik dan kecantikan, Mad Honey juga memiliki kemampuan dalam mengencangkan dan menghaluskan kulit. Madu tersebut melindungi Anda dari kerusakan sel dan melawan proses penuaan karena kandungan vitamin C dan Antioksidan yang tinggi.

Mad Honey merupakan kombinasi yang sempurna antara enzim dan zat kebaikan lainnya yang efektif seperti yang ditemukan dalam produk kosmetik kecantikan konvensional. Selain itu, madu juga merupakan scrub yang baik bagi tubuh dan bibir sehingga mencegah bagian-bagian tersebut menjadi kering. 

6. Meningkatkan Kesehatan Usus

Mad Honey mempunyai kandungan probiotik alami yang mempermudah usus dalam mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dampaknya bagi tubuh adalah mengurangi rasa kembung, menghentikan diare, serta mempermudah jalannya saluran pencernaan. Selain itu, kandungan antibakteri pada Mad Honey sangat menguntungkan karena dapat mengobati infeksi yang terjadi di rongga usus. 

7. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Mad Honey yang dikonsumsi secara teratur sesuai dengan takaran tertentu, ternyata berdampak positif pada kesehatan jantung dan tekanan darah seseorang. Kandungan antioksidan yang ditemukan di dalamnya mampu mengatur kadar kolesterol sehingga menurunkan risiko penyakit-penyakit kardiovaskular, termasuk jantung.

Penulis: Maritza Samira

#BreakingBoundariesSeptember

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading