Sukses

Health

5 Daftar Makanan Pantangan Asam Urat dan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Pemilik kolesterol tinggi dan asam urat perlu memperhatikan pilihan makanan dengan cermat. Tingginya kolesterol dan asam urat dapat saling mempengaruhi kesehatan. Sahabat Fimela dapat mengubah pola makan untuk mencegah kolesterol dan asam urat.

Asam urat dan kolesterol adalah dua zat yang berperan penting dalam tubuh manusia, tetapi keduanya memiliki fungsi dan karakteristik yang berbeda. Asam urat dihasilkan dari pemecahan purin, sementara kolesterol dapat dihasilkan oleh tubuh dan juga didapat dari makanan. Asam urat berperan dalam sistem antioksidan dan ekskresi limbah nitrogen, sedangkan kolesterol berperan dalam pembentukan membran sel, produksi hormon, dan proses pencernaan.

Kolesterol tinggi, khususnya kolesterol LDL yang tinggi, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, sedangkan asam urat tinggi dapat menyebabkan kondisi asam urat atau gout. Konsultasikan kadar kolesterol dan asam urat dengan dokter atau ahli gizi untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut daftar makanan pantangan asam urat dan kolesterol:

Daftar Makanan Pantangan Asam Urat dan Kolesterol

1. Kacang-kacangan Tinggi Purin

Beberapa kacang-kacangan seperti kacang merah dan lentil mengandung purin yang dapat memicu peningkatan kadar asam urat. Jika memiliki masalah asam urat, sebaiknya konsumsi kacang-kacangan dengan bijak. Bisa juga mengganti kacang-kacangan dengan makanan lain yang baik untuk asam urat.

2. Margarin Padat

Margarin padat mengandung lemak trans yang dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL. Biasanya margarin digunakan untuk membuat kue basah, memanggang atau menggoreng makanan. Margarin padat bisa diganti dengan menggunakan minyak zaitun atau sumber lemak tak jenuh lainnya.

3. Minuman Energi

Minuman energi sering mengandung gula tambahan yang sangat tinggi. Gula berlebih ini dapat merusak keseimbangan gula darah dan meningkatkan risiko kolesterol dan asam urat yang tidak terkontrol. Terlalu banyak mengonsumsi gula dapat menyebabkan stroke dan diabetes.

Daftar Makanan Pantangan Asam Urat dan Kolesterol

4. Makanan Tinggi Kafein

Makanan dan minuman tinggi kafein seperti kopi dan cokelat dapat memicu peradangan dan berpotensi memengaruhi kadar asam urat. Walaupun makanan tinggi kafein bisa membantu menambah energi, tapi kurang baik untuk kesehatan jantung. Makanlah makanan tinggi kafein dengan bijaksana, jika memiliki kolesterol tinggi dan asam urat.

5. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji mengandung lemak trans, lemak jenuh, dan sodium tinggi. Kombinasi ini dapat memicu lonjakan kolesterol dan memperburuk gejala asam urat. Hindarilah makanan cepat saji dan pilihlah opsi makanan yang lebih sehat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading