Sukses

Health

Resep Jus yang Ampuh Meningkatkan Imun Tubuh Hadapi Polusi Udara

Fimela.com, Jakarta Belakangan ini, kualitas udara di Indonesia, terutama di kota Jakarta dan sekitarnya, sedang tidak baik-baik saja. Dilansir dari IQAir, indeks kualitas udara (AQI) di Indonesia saat ini berkisar 107-184 AQI US dengan polutan utama PM2.5. Tingkat polusi udara tersebut dikategorikan tidak sehat.

Polusi udara memiliki dampak yang serius terhadap kekebalan tubuh. Terpaparnya polutan udara eperti partikulat halus (PM2.5), senyawa kimia beracun, dan polutan lainnya dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Partikel-partikel halus dalam udara dapat masuk ke dalam saluran pernapasan, mengganggu sel-sel kekebalan tubuh, dan meningkatkan risiko infeksi saluran pernapasan atas dan bawah seperti pilek, bronkitis, dan pneumonia.

Untuk menghadapi polusi udara yang terjadi saat ini, kita harus meningkatkan imunitas tubuh kita. Hal ini dilakukan untuk menjaga kekebalan tubuh kita akibat terpapar polutan dari udara yang kita hirup. Salah satu cara untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh kita adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang mengandung vitamin, seperti mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

Sayur-sayuran dan buah-buahan dapat dikonsumsi secara langsung maupun diolah terlebih dahulu menjadi makanan lezat dan jus. Nah, berikut adalah resep jus yang ampuh untuk meningkatkan umun tubuh. Simak informasinya, yuk!

1. Jus apel, bayam, kiwi

Bayam mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, C, dan E serta folat yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Buah apel kaya akan serat dan dan vitamin C yang dapat membantu tubuh melawan infeksi. Selain itu, kandungan vitamin C dalam kiwi juga dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Bahan-bahan:

  • Segenggam bayam segar
  • 1 apel hijau
  • 2 buah kiwi
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Kupas buah kiwi, lalu potong-potong buah kiwi apel, dan bayam
  2. Masukkan buah kiwi, apel, dan bayam ke dalam blender
  3. Berikan air secukupnya
  4. Blender hingga halus
  5. Saring jus jika diinginkan, lalu nikmati

2. Jus wortel, jahe, lemon

Wortel mengandung betakaroten yang dikonversikan menjadi vitamin A dalam tubuh, yang mana sangat penting dalam membantu sistem kekebalan tubuh menjadi sehat. Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan antivirus yang dapat membantu mencegah penyakit dan meredakan peradangan. Lemon kaya akan vitamin C, yang dapat meningkatkan produksi sel kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. Kombinasi bahan ini akan membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Bahan-bahan:

  • 2 wortel
  • 1 potongan jahe segar (sekitar 2 cm)
  • 1/2 lemon
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Kupas dan potong-potong wortel
  2. Masukkan wortel dan jahe ke dalam belnder
  3. Tambahkan air secukupnya
  4. Blender hingga halus
  5. Berikan air perasan lemon, aduk hingga rata sebelum diminum

3. Jus tomat

Jus tomat adalah minuman yang segar dan sehat yang kaya akan vitamin C, likopen, dan nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Tomat juga mengandung folat atau vitamin B9 yang dapat membantu menurunkan risiko infeksi. Jus tomat sangat mudah untuk dibuat.

Bahan-bahan:

  • 4-5 buah tomat matang
  • 1-2 sendok makan gula (opsional, sesuai selera)
  • 1/4 sendok teh garam
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Cuci bersih, kemudian potong-potong tomat
  2. Masukkan tomat ke dalam blender
  3. Tambahkan gula dan garam sesuai selera
  4. Berikan air secukupnya
  5. Blender hingga halus
  6. Jus tomat siap dihidangkan

 

Penulis: Denisa Aulia.

#BreakingBoundariesSeptember

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading