Sukses

Health

Atasi Batuk Karena Polusi Udara dengan 5 Bahan Alami Ini

Fimela.com, Jakarta Indonesia saat ini krisis udara bersih dan sehat. Kabar polusi udara telah masuk dan menghambat aktivitas penduduk. Di Jakarta contohnya para pekerja diharapkan untuk melakukan kerja remote agar mengurangi polusi udara yang terjadi. Akan tetapi, polusi udara ini tidak dapat berkurang. Dampak yang berbahaya ini mulai memberikan efek gangguan saluran pernapasan seperti batuk

Udara yang normal terdiri atas 78% nitrogen, 20% oksigen, 0,93% argon, 0,03% karbon dioksida, dan gas lainnya seperti neon, helium, metan dan hidrogen. Tapi sayang sekali polusi udara yang terjadi telah mengurangi jumlah komposisi gas tersebut. Tidak hanya itu, dilansir melalui laman resmi Kementerian Kesehatan Indonesia, polusi udara memberikan dampak berbahaya lainnya seperti mengurangi jumlah harapan hidup. Usia penduduk di Indonesia berkurang 1,2 tahun akibat konsentrat halus yang terkandung di udara. Selain itu, penduduk di lima  kabupaten di Sumatera dan Kalimantan juga kehilangan 5,6 tahun jumlah harapan hidup. Berbahaya sekali bukan dampak polusi udara yang terjadi? Selain menyebabkan batuk, polusi ini juga dapat mengurangi harapan hidup setiap individu? Lantas, bagaimana cara untuk meredakan batuk secara alami di tengah polusi udara yang sesak ini? Fimela akan kupas tentang polusi udara, batuk, dan 5 bahan alami solusi redakan batuk akibat polusi udara. 

Hubungan batuk dengan polusi udara

Permasalahan yang terjadi saat ini dan sedang menjadi perbincangan hangat warga Indonesia adalah polusi udara. Dilansir melalui laman resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, polusi udara diakibatkan industri fossil yang sedang berjalan dibeberapa daerah. Studi dari Indeks Kualitas Udara (AQLI) juga menunjukkan polusi udara ini menghilangkan 1,8 harapan hidup orang global. Mengerikan sekaligus membuat geram. 

Ada kandungan yang menjadi polutan untuk polusi udara dan mengaktifkan protein reseptor di paru-paru manusia. Studi dari para peneliti di Imperial College London dan Huff University menemukan bahwa polusi udara ini mengaktifkan protein reseptor atau TRPA1 yang berada di paru-paru manusia. Dengan aktifnya TRPA1 ini saraf sensorik akan memicu reflek batuk. 

5 rekomendasi bahan alami redakan batuk akibat polusi udara

Berikut 5 rekomendasi bahan alami untuk redakan batuk akibat polusi udara, bahan-bahan tersebut antara lain: 

1 Madu

Madu dipercaya efektif mengatasi batuk kering, karena dapat melembabkan tenggorokan dan mengurangi batuk. 

Berbagai macam olahan dari madu dapat kamu gunakan untuk bisa minum satu sendok madu di malam hari untuk meredakan batuk kering yang mengganggu. Selain minum langsung kamu juga bisa campurkan madu dengan air hangat, teh hangat, dan susu hangat. 

2. Teh Jahe

Teh jahe juga dipercaya bisa membantu meredakan batuk kering. Teh jahe juga menenangkan tubuh, sehingga bisa tidur dengan nyaman di malam hari. Minum teh jahe sebelum tidur untuk meredakan batuk kering di malam hari. Teh jahe bisa dikreasikan menjadi teh lemon-jahe, wedang jahe, dan olahan teh jahe lainnya. Kali ini Fimela berikan resep membuat teh lemon-jahe yang membantu untuk meredakan batuk membandel akibat polusi udara. 

Bahan dan cara membuatnya cukup mudah, kamu bisa siapkan jahe, teh tubruk, irisan lemon, dan air hangat secukupnya. Caranya panaskan air kemudian rebus jahe hingga harum, setelah harum matikan api. Kemudian tambahkan teh bubruk dan biarkan hingga air berubah warna, kemudian tambahkan irisan lemon dan diamkan selama 20 menit. Fungsinya adalah mengeluarkan sari lemon yang terkandung pada irisan lemon. Setelah itu tuang ke dalam gelas saji, beri gula dan teh lemon-jahe siap untuk diminum.

3 Cuka Apel

Cuka Apel menjadi salah satu bahan alami untuk menyembuhkan batuk atau flu. Bahan alami ini mengandung zat antibakteri yang disebut dengan asam asetik. Zat ini mampu memecah gumpalan lendir dan mematikan bakteri yang menyerang saluran pernapasan.

Caranya mudah untuk dilakukan. Pertama siapkan cuka apel dan segelas air hangat, kemudian larutkan 1 hingga 2 sendok makan ke dalam larutan air hangat, kemudian minum, ulangi cara ini sebanyak dua kali dalam 1 jam. 

4 Buah Anggur

5 Kacang Almond

Rekomendasi bahan alami terakhir adalah Kacang Almond. Kacang Almond memiliki banyak manfaat untuk atasi berbagai penyakit, salah satunya adalah batuk.

Cara mengolahnya juga sangat mudah, kamu hanya perlu siapkan beberapa butir kacang almond, kemudian rendam dalam air selama semalaman. Pagi atau siang kamu angkat dan hancurkan kacang yang sudah direndam di blender, selain blender kamu bisa tumbuk hingga menyerupai pasta. Kemudian campurkan dengan 1 sendok mentega. Kamu bisa konsumsi obat alami ini sebanyak dua sampai tiga kali sekali hingga batuk yang dialami hilang.

Itulah 5 bahan alami yang bisa kamu olah untuk atasi batuk akibat polusi udara. Stay safe dan jaga kesehatan ya 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Breaking Boundaries August

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading