Sukses

Health

Ketahui Kadar Kolesterol yang Normal Sesuai Usia

Fimela.com, Jakarta Tak selalu menakutkan. Ternyata kolesterol memiliki peran penting untuk tubuh. Tubuh kita membutuhkan kolesterol untuk membangun membran sel, menghasilkan hormon, dan menghasilkan vitamin D.

Kolesterol juga diperlukan untuk proses pencernaan yang normal. Namun, kadar kolesterol di dalam tubuh harus selalu dikontrol. Karena tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh, justru akan mengakibatkan penyakit jantung.

Sahabat Fimela dapat melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter, untuk mengetahui kadar kolesterol di dalam tubuh. Setiap usia memiliki batas kolesterol normal yang berbeda-beda. Berikut kadar kolesterol normal sesuai usia:

Kadar Kolesterol yang Normal

1. Kolesterol pada Anak-Anak dan Remaja

Pada anak-anak dan remaja, kadar kolesterol umumnya rendah. Namun, jika ada riwayat keluarga dengan penyakit jantung atau faktor risiko lainnya, dokter dapat merekomendasikan pemeriksaan kadar kolesterol lebih awal. Kolesterol LDL anak-anak dan remaja harus berada dalam kisaran yang lebih rendah untuk mengurangi risiko perkembangan penyakit jantung di masa dewasa.

2. Kolesterol pada Orang Dewasa Muda (20-39 tahun)

Pada usia ini, kadar kolesterol normal dapat bervariasi. Umumnya, target kadar kolesterol LDL adalah di bawah 130 mg/dL, tetapi angka ini dapat berbeda tergantung pada faktor risiko individu. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan sasaran kadar kolesterol yang sesuai.

Kadar Kolesterol yang Normal

3. Kolesterol pada Orang Dewasa Tengah (40-59 tahun)

Pada usia ini, risiko penyakit jantung biasanya mulai meningkat. Kadar kolesterol LDL yang dianggap normal adalah di bawah 130 mg/dL. Namun, untuk individu dengan risiko lebih tinggi, seperti mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung dalam keluarga, sasaran kadar kolesterol LDL mungkin lebih rendah.

4. Kolesterol pada Orang Dewasa Lanjut (60 tahun ke atas)

Pada usia lanjut, kadar kolesterol normal dapat berbeda lagi. Dokter mungkin lebih toleran terhadap kadar kolesterol LDL yang sedikit lebih tinggi pada populasi lanjut usia karena risiko penyakit jantung biasanya lebih besar. Sasaran kolesterol LDL biasanya adalah di bawah 130 mg/dL, tetapi dokter dapat mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti kesehatan umum dan riwayat medis.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading