Sukses

Health

6 Kebiasaan Sehat Sehari-hari yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi

Fimela.com, Jakarta Kolesterol tinggi adalah faktor risiko utama untuk penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya. Kolesterol tinggi bisa terjadi karena pola hidup yang tak sehat. Ini juga bisa terjadi karena kebiasaan sehari-hari yang kerap dilakukan namun jarang disadari jika hal itu meningkatkan kolesterol.

Meski naiknya kolesterol tinggi rentan terjadi, ini bisa dicegah dengan kebiasaan sehat. Naiknya kolesterol tinggi bisa dikurangi dengan beberapa kebiasaan sehat yang membantu menurunkan kolesterol tersebut. Untuk menjaga kesehatan jantung yang optimal, mengutip dari laman mayoclinic.com, inilah beberapa kebiasaan sehat sehari-hari yang bisa membantumu menurunkan kolesterol

Pola Makan Sehat

Kebiasaan sehat pertama untuk menurunkan kolesterol tinggi adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat bisa dimulai dengan mengurangi konsumsi lemak jenuh. Batasi konsumsi lemak jenuh yang terdapat dalam daging berlemak, produk susu penuh lemak dan makanan cepat saji. Gantilah dengan lemak sehat seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan.

Usahakan untuk senantiasa makan makanan berserat tinggi. Beberapa makanan berserat tinggi antaranya sayuran, gandum utuh dan kacang-kacangan. Serat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan. Batasi juga asupan gula dan karbohidrat olahan. Makanan yag tinggi gula, adalah penyumbang terbesar naiknya kolesterol dalam tubuh. 

Olahraga Rutin

Aktivitas fisik seperti berjalan kaki, berlari, bersepeda, atau berenang bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Disarankan untuk melakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik moderat setiap minggu. Jika kamu harus bekerja di depan komputer setiap harinya, usahakan agar setiap jam atau minimal 2 jam sekali lakukan gerakan pemanasan atau peregangan otot.

Menjaga Berat Badan Ideal

Kegemukan atau obesitas bisa meningkatkan kadar kolesterol LDL. Menjaga berat badan yang sehat melalui diet seimbang dan olahraga akan membantu menurunkan risiko kolesterol tinggi. Jaga berat badan ideal tubuh demi terhindar dari risiko kolesterol tinggi pun masalah kesehatan lainnya.

Stop Merokok Maupun Konsumsi Minuman Beralkohol

Merokok merusak pembuluh darah dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). usahakan untuk berhenti merokok. Stop juga kebiasaan tak sehat konsumsi minuman beralkohol. Selain bisa meningkatkan kadar kolesterol, kedua hal ini bisa menyebabkan aneka masalah kesehatan lain yang lebih serius. 

Periksa Kolesterol Secara Berkala

Melakukan pemeriksaan kolesterol secara teratur atau berkala bisa membantu memantau tingkat kolesterol dalam darah. Ini akan membantumu mendeteksi masalah kelebihan kolesterol sejak dini. Saat kolesterol tinggi diketahui lebih awal, tentunya akan ada langkah terbaik untuk mencegah atau mengatasi melambungnya masalah kolesterol ini.

Kelola Stres dengan Baik

Stres kronis bisa berdampak negatif pada kesehatan jantung. Luangkan waktu untuk relaksasi, meditasi, yoga, atau aktivitas lain yang membantu mengurangi stres. Studi menemukan jika stres menjadi penyebab dari berbagai masalah kesehatan tubuh termasuk salah satunya masalah naiknya kadar kolesterol. 

Nah, itulah sekian kebiasaan sehari-hari yang bisa bantu menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh. Penting untuk berbicara dengan profesional kesehatan atau ahli gizi sebelum mengubah diet atau rutinitas olahragamu sehari-hari. Terutama jika kamu memiliki masalah kesehatan yang mendasarinya. Menerapkan kebiasaan sehat ini selain membantu menjaga kesehatan jantung, juga menjaga kesehatan organ tubuh secara keseluruhan dengan lebih baik. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading