Sukses

Health

5 Cara Menyeimbangkan Hormon Tubuh

Fimela.com, Jakarta Hormon merupakan pembawa pesan kimiawi yang mempunyai efek mendalam pada kesehatan baik mental, fisik maupun emosional kamu. Hormon memainkan peran utama dalam mengendalikan berat badan, nafsu, suasana hati, serta berat badan. 

Namun, gaya hidup dan pola diet barat bisa mempengaruhi lingkungan hormonal kamu. Kadar hormon juga menurun seiring bertambahnya usia. Kamu harus makan makanan bergizi dan ubah gaya hidup sehat untuk kembali menyeimbangkan hormon. Dilansir dari healthline (14/9) ini 5 cara menyeimbangkan hormon

Kurangi asupan gula.

Meminimalisir asupan gula dapat membantu mengoptimalkan fungsi hormon dan menghindari diabetes, obesitas, dan penyakit lainnya. Asupan fruktosa jangka panjang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, fruktosa yang berlebih mungkin gagal memproduksi hormon kenyang leptin yang menyebabkan penurunan pembakaran kalori dan peningkatan berat badan. Oleh karena itu, mengurangi asupan fruktosa atau minuman manis dapat meningkatkan kesehatan hormon. 

Konsumsi lemak sehat

Memasukkan lemak alami berkualitas tinggi dalam diet Anda dapat membantu mengurangi resistensi insulin dan nafsu makan. Kamu bisa memakan lemak sehat seperti omega-3 untuk membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Omega-3 juga dapat mencegah peningkatan kadar kortisol selama stres. Lemak sehat ini ditemukan dalam alpukat, almond, kacang tanah, hazelnut, minyak zaitun, dan minyak kelapa. 

Cobalah teknik pengurangan stress

Respon tubuh terhadap stress dapat mengaktifkan serangkaian peristiwa yang mengarah pada produksi kortisol. Stress kronis dapat menyebabkan kadar kortisol tetap tinggi yang pada akhirnya akan merangsang nafsu makan dan meningkatkan asupan makanan manis dan berlemak tinggi. Jika dibiarkan hal ini dapat menyebabkan asupan kalori berlebih dan obesitas. Kamu bisa melakukan teknik pengurangan stress seperti yoga dan mendengarkan musik kesukaan. 

Tidur yang konsisten dan nyenyak

Usahakan untuk mendapatkan tidur yang konsisten dan berkualitas tinggi. Kurang tidur dapat mengganggu sensitivitas insulin dan menyebabkan resistensi insulin. Untuk menjaga keseimbangan hormon yang optimal, usahakan untuk tidur setidaknya 7 jam per malamnya. 

Makanlah protein yang cukup

Protein dibutuhkan untuk memproduksi hormon peptida. Hormon peptida memainkan fungsi untuk mengatur banyak proses fisiologis seperti pertumbuhan, metabolisme energi, nafsu makan, stress dan reproduksi. Usahakan untuk mengkonsumsi minimal 15-30 gram protein setiap kamu makan. Kamu bisa mendapatkan protein dari telur ayam, dada ayam atau ikan.

Sahabat Fimela, demikian 5 cara menyeimbangkan hormon. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading