Sukses

Health

5 Cara Alami untuk Menjaga Keseimbangan Hormon Melalui Kebiasaan Sehari-Hari

Fimela.com, Jakarta Menjaga keseimbangan hormon sangat penting untuk kesehatan tubuh. Hormon bukan hanya mempengaruhi sistem reproduksi, namun juga mengoptimalkan metabolisme tubuh, mengelola stres, dan membuat istirahat lebih optimal. Bahkan beberapa masalah kulit bisa disebabkan oleh hormon tidak seimbang, misalnya jerawat hormon.

Besarnya dampak hormon bagi kesehatan tubuh membuatnya sangat penting untuk dijaga agar seimbang. Melansir dari laman Health Line, berikut cara menjaga keseimbangan hormon melalui kebiasaan harian.

1. Kurangi Asupan Gula

Meminimalkan asupan gula tambahan dapat berperan dalam mengoptimalkan fungsi hormon dan menghindari obesitas, diabetes, dan penyakit lainnya. Bila sahabat Fimela gemar mengonsumsi minuman kemasan, sekarang saatnya untuk mengubah kebiasaan tersebut. Asupan gula tambahan dalam jangka panjang berdampak pada gangguan mikrobioma usus yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

2. Hindari Produk Perawatan Kulit dari Bahan Kimia

Cara lain untuk menjaga keseimbangan hormon adalah dengan mengurangi produk skincare dari bahan kimia berbahaya seperti paraben, glikol, hingga propilen. Alternatif yang baik adalah dengan menggunakan produk dari bahan alami seperti essential oil. Essential oil dari lavender, shea butter, atau minyak kelapa bisa jadi pilihan.

3. Ikuti Diet Tinggi Serat

Penelitian menemukan bahwa diet tinggi serat berpengaruh pada sensitivitas insulin yang merangsang produksi hormon. Karena itu cobalah mengonsumsi makanan tinggi serat seperti oat, kacang-kacangan, buah, dan ubi jalar.

4. Tidur Nyenyak

Istirahat yang optimal didapat saat tubuh mampu tidur nyenyak saat malam hari. Kurang tidur dapat berpengaruh pada ketidakseimbangan hormon. Misalnya kortisol sebagai hormon pengelola stres akan berkurang bila tubuh kurang istirahat. Pada akhirnya, metabolisme menurun, mudah lelah, dan stres.

5. Lakukan Kegiatan untuk Mengurangi Stres

Stres sangat wajar dialami tiap orang dan mengelolanya adalah hal penting. Saat hormon stres tidak seimbang kadar kortisol akan meningkat yang berpengaruh pada peningkatan nafsu makan. Pada akhirnya, perut akan selalu lapar dan berpotensi makan tanpa henti yang menyebabkan obesitas. Kelola stres bisa dilakukan dengan yoga, mendengarkan musik, atau menulis jurnal setidaknya 10-15 menit per hari.

Hormon yang tidak seimbang berpengaruh pada kesehatan dan stamina tubuh. Bukan hanya dengan makanan sehat, gaya hidup dan kebiasaan harian perlu diubah untuk menjaga keseimbangan hormon.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading