Sukses

Beauty

Memiliki Jerawat Hormon? Hindari Mengonsumsi 3 Makanan Ini

Fimela.com, Jakarta Ada banyak hal yang menjadi faktor penyebab munculnya jerawat pada wajah dan tubuh, diantaranya seperti kandungan sebum berlebih, penumpukan kotoran pada pori, dan hormon. Jerawat diobati dengan cara yang berbeda tergantung pada penyebabnya. Namun jerawat hormon adalah yang paling sulit ditangani.

Dilansir dari Style Craze, jerawat hormon lebih sering terjadi pada perempuan, terutama perempuan dewasa, dibandingkan pria karena faktor seperti siklus menstruasi dan menopause. Jerawat hormon juga disebabkan oleh faktor seperti stres, kondisi medis tertentu, dan obat tertentu.

Melansir dari Medical News Today, ada beberapa makanan yang harus dihindari bagi penderita jerawat hormon seperti di bawah ini.

Susu Sapi

Susu sapi memiliki Kasein A1 yang dapat meningkatkan kadar hormon testosterone penyebab jerawat hormon pada pria. Susu menjadi bahan dasar banyak makanan seperti keju, yogurt, krim dan lainnya. Namun makanan olahan yang terbuat dari susu ini tidak terbukti dapat menjadi peningkatan hormon yang menyebabkan jerawat.

Cokelat

Sahabat Fimela pernah dengar bahwa cokelat dapat menyebabkan jerawat? Ternyata, hal tersebut adalah fakta. Pada studi yang dilakukan pada tahun 2018 ditemukan bahwa mengonsumsi cokelat hitam pada jumlah normal menyebabkan timbulnya jerawat.

Biji-bijian

Dalam biji-bijian mengandung protein yang disebut gluten yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat hormon. Tak hanya biji-bijian, mengonsumsi gula berlebih juga dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat hormon. Hindari makanan seperti sereal, pasta dan roti yang dibuat dengan tepung putih, minuman bersoda dan minuman manis lainnya, serta pemanis seperti sirup dan madu. Kamu dapat mengonsumsi beras merah sebagai penggantinya.

Banyak jenis makanan yang harus diperhatikan untuk mencegah timbulnya jerawat hormon. Untuk membantu mengatasi jerawat hormon, cobalah untuk mengonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega 3, sayur, dan makanan yang tidak mengandung tepung.

Bagaimana pun jenis kulitmu, kamu tetap cantik dengan menjadi diri sendiri.

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading