Sukses

Health

5 Kebiasaan yang Bikin Perasaan Makin Tenang dan Damai

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tak ingin memiliki perasaan tenang, nyaman dan damai setiap harinya? Damai tidaknya perasaan, itu tergantung pada dirimu sendiri Sahabat Fimela. Selama kamu bisa mengelola perasaanmu dengan baik, tak sulit untuk mendapatkan ketenangan dalam diri. Sebenarnya, apa yang kamu lakukan sehari-hari, ini berpengaruh pada ketenangan dalam diri. 

Mengembangkan perasaan damai dan tenang dalam kehidupan sehari-hari adalah tujuan yang sangat berharga. Kebiasaan positif akan membantumu mencapai kesejahteraan emosional. Sebaliknya, kebiasaan negatif akan membuatmu sulit mencapai kebahagiaan yang kamu inginkan. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang bisa bikin perasaan makin nyaman, tenang dan damai. Simak baik-baik ya.

Untuk dapatkan perasaan yang damai, kamu harus lebih bijak dalam mengelola stres. Melakukan meditasi dan yoga secara teratur bisa membantumu mengurangi stres, meningkatkan kesadaran diri, dan mempromosikan perasaan tenang. Lakukan juga aktivitas mengambil nafas dalam-dalam Ketika kamu merasa suntuk, sedih pun kecewa. 

Berfokuslah pada aktivitas menyenangkan yang menghibur hati seperti menekuni hobi, memasak, menggambar, melukis, atau mengekspresikan diri melalui seni lainnya. Mengelola stres juga bisa dilakukan dengan mencengar musik atau mendengar motivasi diri sesuai keyakinan masing-masing. 

Senantiasa Bersyukur

Mengutip dari laman mayoclinic.com, salah satu cara terbaik untuk bahagia dan memiliki perasaan damai adalah dengan bersikap syukur. Usahakan untuk senantiasa bersyukur dengan kehidupan yang kamu miliki selama ini. Cobalah untuk menuliskan sedikitnya tiga hal yang kamu syukuri setiap harinya. Ini membantumu berpikir lebih positif, menerima keadaan dengan lebih bijaksana dan terhindar dari perasaan cemas pun tertekan.

Sabar

Ketika kamu merasa kesal atau tidak sabar, berusahalah untuk berhenti sejenak dan merenungkan situasi tersebut. Latihan ini bisa membantumu mengendalikan emosi negatif.

Cobalah sekeras mungkin untuk bersabar dengan segala keadaan. Pemikiran bahwa tidak ada yang sempurna dalam hidup dan menerima ketidaksempurnaan, sebagai salah satu langkah penting menuju perasaan nyaman, tenang dan damai.

Miliki Kualitas Tidur yang Baik

Kualitas tidur memiliki peran penting dalam menentukan bahagia tidaknya perasaan. Atur rutinitas tidurmu dengan sebaik mungkin. Membangun rutinitas tidur yang konsisten bisa membantumu tidur lebih baik. Hindari gangguan seperti perangkat elektronik baik itu TV atau gadget sebelum tidur. Mandi air hangat, pijat ringan, atau mendengarkan musik relaksasi akan membantumu memiliki tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas.

Batasi Paparan Berita Negatif

Berita yang terus-menerus tentang kejadian-kejadian negatif bisa memengaruhi perasaanmu. Batasi paparan media sosial dan berita yang mungkin memicu stres. Cobalah untuk mencari berita positif atau cerita inspiratif yang berpotensi meningkatkan kebahagiaan dirimu. 

Mengembangkan kebiasaan-kebiasaan ini memerlukan waktu dan praktik yang konsisten. Ingatlah bahwa perasaan damai dan tenang adalah perjalanan, bukan tujuan akhir. Jika kamu merasa kesulitan untuk mengelola stres atau perasaan negatif, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan seorang profesional kesehatan mental untuk dukungan tambahan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading