Sukses

Health

5 Cara Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Jantung dari Rumah

Fimela.com, Jakarta Jantung adalah organ yang sangat penting dalam tubuh kita. Menjaga kesehatan jantung, merupakan kunci utama untuk menjalani hidup yang panjang dan berkualitas. Jantung yang sehat, akan memungkinkan organ tubuh secara keseluruhan juga memiliki kesehatan yang mengesankan. Lantas, bagaimana untuk menjaga kesehatan jantung agar senantiasa sehat? 

Mengutip dari laman health.gov, ada banyak kebiasaan sederhana yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga kesehatan jantung. Kebiasaan ini tak hanya menjaga kesehatan jantung, tetapi juga bikin kita awet muda dan memiliki usia lebih panjang dari seharusnya. Berikut beberapa kebiasaan yang menyehatkan jantung.

Pola Makan Sehat

Makanan yang kita konsumsi memiliki dampak besar pada kesehatan jantung kita. Selain itu, makanan juga berpengaruh besar pada kualitas kesehatan tubuh secara menyeluruh. Ada beberapa pola makan yang memungkinkanmu dapatkan jantung sehat. Adapun pola makan sehat antaranya dilakukan dengan: 

1. Kurangi Lemak Jenuh dan Trans

Batasi asupan lemak jenuh dan lemak trans yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Fokus pada lemak sehat seperti lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Beberapa makanan cepat saji, gorengan dan daging merah adalah jenis makanan yang mengandunh lemak jenuh berlebih. Penting bagimu untuk lebih bijak dalam mengonsumsinya. 

2. Makan Lebih Banyak Buah dan Sayur

Konsumsi buah dan sayuran yang kaya serat, vitamin, dan antioksidan dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Perbanyak konsumsi sayur dan buah setiap harinya. Pilih juga buah dan sayur dengan kandungan nutrisi terbaik buat tubuhmu. 

3. Pilih Karbohidrat yang Baik

Pilih karbohidrat kompleks seperti gandum utuh, beras merah, dan oatmeal daripada karbohidrat sederhana yang tinggi gula. Karbohidrat sendiri adalah nutrisi penting bagi tubuh agar lebih berenergi dan sehat alami. 

4. Kontrol Porsi Makanan

Dari laman heart.org, ukuran atau porsi makan sehari-hari menjadi kunci jantung sehat. Mengontrol jumlah makanan yang kamu makan setiap harinya, bisa membantu menjaga berat badan yang sehat. Ini juga bisa menyehatkan jantung secara optimal. 

Miliki Aktivitas Fisik Cukup

Olahraga dan aktivitas fisik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jantung. Cobalah untuk melibatkan diri dalam aktivitas fisik setidaknya 150 menit per minggu, seperti berjalan kaki, berenang, atau bersepeda. Aktivitas fisik membantu meningkatkan aliran darah, mengendalikan berat badan, dan menjaga kesehatan jantung. Penelitian yang dilakukan para ahli menemukan jika gerak tubuh berperan besar pada kesehatan dan panjang pendek usia seseorang.

Tidur Cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan jantung. Kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Cobalah untuk tidur selama 7-9 jam setiap malam dan menjaga rutinitas tidur yang teratur. Selain tidur cukup, kamu juga harus memiliki tidur yang berkualitas. Cobalah untuk tidur lebih awal setiap harinya dan bangun lebih pagi untuk dapatkan manfaat tidur yang lebih baik.

Kelola Stres dengan Baik

Stres yang berlebihan bisa berdampak buruk pada kesehatan jantung. Temukan cara-cara untuk mengelola stres, seperti meditasi, yoga, atau olahraga. Menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi juga penting untuk menghindari stres berkepanjangan. Sebisa mungkin, jaga perasaan agar senantiasa bahagia, tenang pun nyaman. Stres dan depresi memperburuk kesehatan secara keseluruhan. 

Stop Merokok dan Batasi Konsumsi Alkohol

Merokok adalah salah satu faktor risiko terbesar untuk penyakit jantung. Berhenti merokok adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan jantung. Selain itu, konsumsi alkohol yang berlebihan juga bisa merusak jantung. Stop kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol jika ingin jantung dan organ tubuh secara menyeluruh yang lebih sehat. 

Dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan sederhana ini dalam kehidupan sehari-hari di rumah, kamu tak hanya menjaga kesehatan jantung. Kamu juga menjaga kesehatan organ tubuh secara keseluruhan dan menjaga kesehatan orang rumah lainnya. Jangan lupa juga untuk konsultasikan kesehatan ke dokter secara berkala untuk mencari tahu perkembangan kesehatanmu. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading