Sukses

Health

Tips Tetap Fit di Tengah Udara Panas

Fimela.com, Jakarta Cuaca panas menjadi salah satu tantangan tersendiri untuk tubuh. Tidak hanya harus mampu menghadapi teriknya sinar matahari, menjaga tubuh tetap fit di tengah gempuran berbagai aktivitas fisik bisa salah jika dilakukan dengan sembarangan.

Alih-alih tubuh menjadi fit justru tubuh akan mengalami sebaliknya yaitu tubuh mudah lelah, terkena dehidrasi, bahkan gangguan kesehatan lain seperti sengatan panas serta kelelahan sangat panas. 

Maka dari itu, untuk menghindari hal-hal tersebut kamu harus menjaga tubuh agar tetap fit di tengah cuaca panas. Mulai dari memperhatikan asupan air yang masuk hingga berolahraga dapat kamu lakukan. Tetapi ingat hal ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Berikut tips dari American Heart Association yang bisa membantu kamu agar tubuh tetap fit di tengah cuaca panas

Berikan rasa nyaman pada tubuh

Apakah kamu suka sekali melakukan olahraga ringan? Kamu bisa atur semaksimal mungkin. Kuncinya adalah waktu ketika kamu berolahraga. Pada saat cuaca panas, sebaiknya kamu berolahraga tidak lebih dari siang hari sangat terik terutama di atas jam 10 sampai dengan jam 3 sore. 

Selain itu tetaplah stay hydrate, jangan sampai kamu kurang asupan air. Ketika beraktivitas, jangan lupa minum air sebelum dan sesudah melakukan aktivitas fisik. Sebisa mungkin kamu juga membawa botol minum yang sudah diisi. Jika air habis, kamu bisa berhenti di tempat mengisi air atau membeli minuman lain.

‘Dengarkan’ juga sinyal dari badan, pada saat beraktivitas kamu juga harus beristirahat serutin mungkin. Biarkan dirimu dapat beradaptasi pada cuaca panas. Beberapa peneliti mengatakan tubuh akan mulai terbiasa mulai dari 4 hingga 14 hari lamanya. Pada saat cuaca panas kamu mungkin akan mengalami kesulitan karena tubuh belum terbiasa

Manfaatkan makanan sehat untuk mengurangi dampak dari cuaca panas

Kamu bisa mengolah snack ringan dari sayur dan buah-buahan agar tubuhmu tetap fit pada saat cuaca panas. Snack-snack yang bisa kamu coba antara lain es krim buah buatan pure buah-buahan, smoothies buah, salad dingin dengan berbagai jenis kacang-kacangan, sayuran, legume, bahkan kepala ikan seperti tuna dan salmon. Kamu juga bisa coba snack lain seperti sayuran krispi dari mentimun, wortel, dan seledri. 

Dengan makan-makanan dingin dan sehat kamu akan terhindar dari rasa haus serta kelelahan. Cuaca panas akan menyulitkan diri dalam bekerja sehingga harus memperhatikan makanan yang masuk. 

Tentu saja snack ringan tadi jangan dijadikan sebagai alternatif untuk makanan berat sebab banyak sekali orang yang lupa makan dengan beralasan ‘kenyang karena sudah ngemil’. Makan snack ringan saja tidak cukup untuk tubuh agar sehat dan kuat dalam melewati cuaca panas. 

Segera hentikan aktivitas ketika sudah muncul tanda-tanda masalah kesehatan

Dehidrasi bisa terjadi ketika kamu tidak mengembalikan cairan tubuh karena kelelahan akibat beraktivitas. Dehidrasi parah bahkan jika termasuk karena cuaca panas sekalipun dapat mengancam gangguan kesehatan seperti kelelahan karena panas. 

Ketika sudah muncul tanda-tanda seperti haus berkepanjangan, mulut kering dan bau, kulit kering, kepala pusing, nyeri otot, jarang pipis bahkan urin berwarna gelap segera pergi ke dokter untuk diobati. 

Adapun pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan ketika mengalami dehidrasi antara lain segera hentikan aktivitas fisik terutama olahraga, segera minum air atau kalau tidak ada bisa mengemut es batu, pindahkan diri ke ruangan indoor sesegera mungkin, segera aplikasikan baju atau barang dingin lain agar tubuh tidak begitu panas. Tanda-tanda heat stroke terjadi karena tubuh tidak kuat untuk menahan panas. Dan kondisi ini membutuhkan pengobatan serius. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji.

Hashtag: #Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading