Sukses

Health

5 Tips Menjaga Kesehatan Jantung, Hidup Sehat untuk Jantung yang Kuat

Fimela.com, Jakarta Kesehatan jantung merupakan aspek kesehatan yang sangat penting dalam menjalani kehidupan yang bugar dan produktif. Jantung adalah organ vital yang bertanggung jawab atas pemompaan darah ke seluruh tubuh, menyediakan oksigen dan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga fungsi tubuh yang optimal.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung merupakan kunci untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Penyakit jantung, seperti serangan jantung dan stroke, merupakan penyebab utama kematian di banyak negara, yang menjadikannya semakin penting untuk memahami dan merawat kesehatan jantung kita.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung. Di antaranya adalah merokok, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, obesitas, dan gaya hidup tidak sehat. Merokok, misalnya, merusak dinding pembuluh darah dan meningkatkan risiko pembekuan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung. Namun, langkah-langkah pencegahan sederhana dapat Sahabat Fimela lakukan untuk mencegahnya.

Dilansir dari Nychealthandhospitals.org, berikut adalah cara untuk menjaga kesehatan jantung. Simak informasinya dengan seksama, ya!

1. Tetap aktif bergerak

Hal utama yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah tetap aktif bergerak. Berolahraga sedikit saja bisa memberikan manfaat besar untuk meningkatkan kesehatan jantung. Bagi yang ingin memiliki jantung sehat, sebaiknya lakukan sedikit aktivitas fisik dalam pola hidupnya. Maka dari itu, disarankan untuk berolahraga sekitar 150 menit per minggu dengan intensitas sedang.

Memang tidak mudah melawan rasa malas dalam melakukan aktivitas fisik. Untuk itu, usahakan untuk menemukan aktivitas yang Sahabat Fimela nikmati. Pilihlah aktivitas fisik yang disukai, misalnya berenang, menari, bermain badminton, dan sebagainya, selama aktivitas tersebut aman dan sehat. Berjalan kaki juga merupakan pilihan yang baik karena aman dan efektif.

2. Makan sehat

Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang dengan pola makan yang baik cenderung memiliki resiko penyakit jantung yang lebih rendah. Maka dari itu, kita harus memperhatikan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh kita. Utamakan untuk selalu memakan makanan yang sehat daripada hanya memakan makanan cepat saji atau camilan yang tidak sehat. Pilihlah makanan yang tinggi serat dan rendah gula. Jika ingin tetap ngemil, sebaiknya pilih camilan yang sehat, seperti kacang atau yogurt rendah lemak.

3. Kendalikan stres

Jika ingin memiliki jantung yang sehat, penting untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal. Stres adalah hal yang biasa dalam kehidupan, tetapi ada banyak cara untuk mengatasi stres tersebut. Saat mulai merasa stres, ambil napas dalam-dalam atau lakukan hobi yang menyenangkan, seperti membaca buku atau melukis. Selain itu, berlatih yoga juga merupakan pilihan yang baik untuk mengatasi stres.

Jangan melampiaskan rasa stres ke hal-hal yang kurang sehat, seperti merokok atau minum alkohol. Kedua hal tersebur dapar menyebabkan aritmia jantung dan hipertensi.

4. Lakukan pemeriksaan rutin

Melakukan pemeriksaan rutin dan mengetahui angka-angka penting, seperti Indeks Massa Tubuh atau yang biasa disebut Body Mass Index (BMI), sangat penting untuk kesehatan jantung. Penting juga untuk mengetahui kadar guka darah, gula darah yang tinggi bisa merusak pembuluh darah seiring berjalannya waktu. Pastikan untuk meninjau hasil pemeriksaan laboraturium dengan dokter dan selalu bahas mengenai faktor resiko untuk penyakit jantung.

5. Bangun kebiasaan yang lebih baik

Penting untuk memperhatikan kebiasaan sehari-hari dalam gaya hidup untuk mencari tahu apa yang bisa dilakukan agar menjadi lebih sehat. Lakukanlah perubahan-perubahan kecil dalam kebiasaan sehari-hari. Perubahan kecil tersebut akan menghasilkan manfaat yang besar seiring berjalannya waktu. Misalnya, makan lebih banyak sayuran setiap hari, berjalan kaki lima kali seminggu, dan sebagainya. Kebiasaan yang lebih baik ini akan membantu menjaga jantung tetap bahagia.

 

Penulis: Denisa Aulia.

#BreakingBoundariesOktober

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading