Sukses

Health

Resep Bubur Sehat untuk Menjaga Kolesterol dalam Batas Normal

Fimela.com, Jakarta Bubur adalah hidangan yang sering kali terbuat dari biji-bijian, terutama beras atau gandum. Bijian ini mengandung serat larut, yang telah terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Serat larut membantu mengikat kolesterol di saluran pencernaan sehingga dapat dikeluarkan dari tubuh, mencegahnya diserap ke dalam aliran darah.

Bubur adalah sumber nutrisi yang kaya. Terlepas dari biji-bijian yang digunakan, bubur umumnya mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi tahan lama. Bubur juga dapat diperkaya dengan tambahan seperti sayuran, buah-buahan, dan protein seperti daging, ikan, atau tahu. Dalam bubur, dapat ditemukan berbagai vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Ketika dimasak tanpa tambahan lemak dan gula berlebih, bubur dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan menurunkan kolesterol. Sahabat Fimela juga bisa menyembuhkan demam atau flu dengan bubur. Berikut resep bubur sehat untuk menjaga kolesterol dalam batas wajar:

Resep Bubur Sehat

Bahan-bahan:

  • 1/2 cup gandum utuh
  • 1 1/2 cup susu almond (atau susu lain sesuai preferensi)
  • 2 sendok makan almond iris tipis
  • 2 sendok makan kismis
  • 1 sendok teh vanili ekstrak
  • 1 sendok makan madu (opsional)

Cara membuat:

  1. Bilas gandum utuh dengan air bersih dan tiriskan.
  2. Didihkan susu almond dalam panci besar. Tambahkan gandum utuh dan vanili ekstrak.
  3. Reduksi panas menjadi sedang, tutup panci, dan biarkan gandum matang selama sekitar 15-20 menit atau sampai gandum menjadi lunak.
  4. Setelah matang, sajikan dalam mangkuk.
  5. Taburkan almond iris tipis dan kismis di atas bubur. Jika diinginkan, tambahkan madu untuk rasa manis ekstra.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading