Sukses

Health

Menjaga Kolesterol Tetap Rendah, 3 Tips Memilih Jenis Diet yang Tepat

Fimela.com, Jakarta Tingkat kolesterol yang seimbang adalah faktor kunci dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh dara. Akan tetapi, untuk menjaga tingkat kolesterol seseorang perlu mengkonsumsi makanan yang sehat atau makanan yang mengandung kolesterol Low Density Lipoprotein (LDL), serta meningkatkan kadar High Density Lipoprotein (HDL). 

Demi memiliki tingkat kolesterol yang normal seseorang harus memiliki aktivitas dan pola makan yang sempurna, yaitu seperti rutin melakukan olahraga dan mengkonsumsi makanan yang bergizi, serta mengandung kolesterol baik (HDL). Jika seseorang berhasil menerapkan konsep diet yang benar maka mereka akan mengurangi risiko penyebab penyakit yang berbahaya, seperti jantung, diabetes, bahkan dapat menurunkan berat badan. 

Berdasarkan penelitian yang disebarkan oleh The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) yang mengutip dari Healthline.com mengungkapkan bahwa 94 juta orang dewasa di Amerika Serikat yang yang berumur 20 tahun memiliki tingkat kolesterol yang tinggi. Fakta menarik, kolesterol dapat menumpuk di arteri dan dapat menyumbat, serta menghentikan aliran darah, dimana hal inilah yang menyebabkan seseorang bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Melihat permasalahan ini, banyak sekali peneliti kesehatan yang mencari cara dan pola diet yang sesuai dan cocok untuk dilakukan untuk orang-orang yang memiliki permasalahan kolesterol tingkat tinggi dan untuk orang yang mau menjaga tingkat kolesterol. Bukan hanya dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol, melainkan juga bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Berikut adalah 3 diet yang direkomendasikan oleh Healthline.com.

 

 

Therapeutic Lifestyle Change (TLC)

Berdasarkan penelitian yang disebarkan oleh The National Institute of Health yang mengembangkan tentang pola diet Therapeutic Lifestyle Change (TLC) mengungkapkan bahwa diet ini dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Dimana diet ini mengikuti dan menghindari beberapa jenis makanan dan melakukan olahraga minimum 30 menit dalam sehari selama seminggu. Berikut adalah rekomendasi yang diberikan untuk diet TLC.

  • Kurangi 7% kalori harian kamu, khususnya dalam mengkonsumsi lemak jenuh, 
  • Kurang dari 200 miligram kolesterol sehari, 
  • Konsumsi lemak harian harus berada sekitar 25% sampai 35%,
  • Konsumsi 2 gram stanol atau tanaman sterol per hari, 
  • Konsumsi 10 hingga 25 gram serat yang mudah larut  per harinya, 
  • Dalam sehari setidaknya mengonsumsi makanan sesuai dengan jumlah kalori yang disarankan mencapai atau mempertahankan berat badan.

Dean Ornish

Diet Dean Ornish adalah diet rendah lemak, lakto ovo vegetarian. Artinya, kamu disarankan untuk menghindari makan yang memiliki unsur hewani, tetapi diperbolehkan untuk mengonsumsi produk susu dan telur. Lebih disarankan untuk mengonsumsi putih telur dan susu rendah lemak atau tanpa lemak.

Diet ini akan memaksamu untuk mengonsumsi banyak sayuran hijau dalam kuantitas yang banyak. Dimana kamu akan mendapatkan protein dari sumber nabati, seperti tahu, kacang-kacangan, dan tempe. Bukan hanya itu, secara tidak langsung kamu juga akan didorong untuk mengonsumsi biji-bijian dan lemak sehat, serta membatasi konsumsi karbohidrat sederhana terutama gula.

Meskipun tidak banyak penelitian yang membahas soal diet ini, tetapi sebuah penelitian yang dirilis pada tahun 2009 yang berjudul Comparative Effects of Three Popular Diets on Lipids, Endothelial Function, and C-Reactive Protein during Weight Maintenance mengungkapkan bahwa diet ini secara efektif dapat mengurangi kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida.

Vegan

Pola makan vegan merupakan salah satu makanan yang paling digemari dan paling banyak orang-orang lakukan, beberapa diantaranya adalah Eva Celia, Lizzo, Ariana Grande, dan lain-lain. Pola makan ini mengajak orang-orang untuk berhenti mengonsumsi makanan dan produk hewani. Terbukti, pola makan ini dapat menurunkan kolesterol secara signifikan. Intinya kamu harus berpegang dalam mengonsumsi makanan, seperti berikut, 

  • Whole grains, 
  • Banyak buah-buahan, 
  • Sayuran, 
  • Kacang-kacangan, 
  • biji. 

Berdasarkan penelitian ang dilakukan pada 2018 dan dirilis oleh PubMed mengungkapkan bahwa sebagian besar negara yang menerapkan pola makan vegan terbukti dapat menurunkan kolesterol LDL dan  trigliserida secara signifikan. Studi ini menunjukan adanya penurunan indeks massa tubuh (BMI), ukuran pinggang, gula dara, dan tekanan darah.

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading