Sukses

Health

7 Manfaat Mengonsumsi Overnight Oats, Makanan Praktis yang Menyehatkan

Fimela.com, Jakarta Oatmeal sudah menjadi makanan yang cukup populer untuk dijadikan sebagai menu sarapan yang praktis dan mengenyangkan. Namun, pernahkah Sahabat Fimela mendengar overnight oats? Sesuai dengan julukannya, overnight oats adalah oat yang telah direndam semalaman dalam air, susu, atau yoghurt. Umumnya, sajian ini disimpan di dalam lemari pendingin sebelum dihidangkan di pagi hari. 

Overnight oats juga dapat disajikan dengan bahan pelengkap yang dapat memperkaya rasa, seperti buah-buahan, biji chia, kacang-kacangan, granola, dan masih banyak lagi. Bukan cuman praktis, overnight oat juga dapat menjadi sarapan siap saji yang langsung bisa dikonsumsi tanpa perlu repot-repot lagi. 

Tentunya akan ada perbedaan yang dapat dirasakan antara overnight oats dan sajian oat pada umumnya. Hal ini disebabkan proses perendaman selama semalaman dapat membuat pati di dalam gandum pecah dan menyerap lebih banyak nutrisi  Apalagi, teksturnya yang berubah menjadi lembek membuat oat ini akan lebih mudah untuk dikonsumsi.

Lantasapa saja ya manfaat yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsi overnight oats ini? Mengacu pada situs only my health, inilah manfaat overnights oat untuk kesehatan tubuh:

1. Mengendalikan Berat Badan

Oat sudah identik menjadi makanan sehat untuk diet. Begitu juga dengan overnight oats yang bisa membuat rasa kenyang lebih tahan lama karena kandungan seratnya yang tinggi. Mengutip dari situs Hindustan Times, diketahui bahwa kandungan pati resisten yang tinggi di dalam oat bisa meningkatkan pembakaran lemak. 

Komposisi beta-glukan di dalam oat juga dapat mencegah tubuh untuk makan berlebihan. Oleh karena itu, makanan ini bisa mengurangi jumlah asupan kalori setiap hari.

2. Menjaga Keseimbangan Kadar Gula Darah

Serat yang tinggi dan indeks glikemik yang rendah di dalam oat bisa membantu tubuh untuk mengendalikan keseimbangan kadar gula darah. Karbohidrat kompleks yang ada pada oat bisa memperlambat penyerapan makanan saat diubah menjadi gula. Terlebih lagi, adanya kandungan beta-glukan juga dapat mencegah kenaikan kadar gula darah setelah makan.

 

3. Membantu Meringankan Sembelit

Selain sebagai makanan diet, oat juga dikenal memiliki kegunaan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Pasalnya, serat yang tidak larut pada oat akan membantu dalam melancarkan buang air besar dan mendukung penyerapan air. Oleh sebab itu, overnight oats dapat mencegah munculnya sembelit dan mengendalikan pergerakan usus agar tidak terganggu. 

4. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Overnight oats dapat menjadi sajian sehat yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lantaran, zat beta-glukan dalam oat dapat membantu meningkatkan aktivitas sel darah putih. Sel darah putih bertanggung jawab untuk memberikan perlindungan pada tubuh agar terhindar dari segala penyakit.

Zat lainnya yang terdapat di dalam oat yaitu zinc dan selenium. Keduanya dapat berperan untuk melawan infeksi pada tubuh. Melansir dari The Foodie Physician, oat juga mengandung senyawa polifenol yang bermanfaat sebagai antioksidan yang kuat. Secara umum, antioksidan dapat mencegah timbulnya kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. 

5. Membantu Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Adanya zat besi dalam oat membuat makanan ini juga berfungsi dalam mempertahankan rambut agar tetap sehat. Belum lagi dengan asam lemak omega 3, serat, dan zinc yang dapat mengatur pertumbuhan rambut. Overnight oats dapat menjadi sumber biotin atau vitamin B kompleks yang bisa mengatasi segala permasalahan pada rambut. 

6. Membantu Mengatasi Penyakit Jantung

Manfaat penting lainnya yang bisa didapatkan dari konsumsi overnight oat adalah membantu dalam mengatasi penyakit jantung. Serat beta-glukan yang memiliki banyak khasiat, termasuk dalam menjaga kesehatan jantung dan menurunkan tingkat kolesterol dalam darah.

Oat kaya akan antioksidan dan vitamin yang bisa menurunkan kadar kolesterol total dan LDL (kolesterol jahat). Apabila kadar kolesterol telah menurun, maka dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. 

7. Membantu Menyeimbangkan Hormon

Dikemas sebagai makanan yang bebas gluten, oat juga dapat mendukung sensitivitas dari insulin, yaitu faktor yang dapat mendukung keseimbangan hormon. Sesuai dengan yang telah disebutkan pada poin di atas, kandungan berupa vitamin, mineral, dan serat yang dapat diperoleh dari oat ternyata juga bisa berkontribusi dalam mengendalikan hormon agar tetap seimbang. 

Overnight oats tidak hanya menjadi makanan yang instan dan mudah dibuat, tetapi juga memberikan asupan nutrisi yang begitu lengkap. Di samping itu, makanan ini akan menyimpan energi yang tahan lama. Sahabat Fimela bisa mencoba makanan ini sebagai menu sarapan atau diet sehat. Apalagi, kandungan gizi di dalamnya sangat cocok dimakan untuk memulai hari agar tubuh menjadi lebih berenergi. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading