Sukses

Health

5 Cara Mudah Mencegah Kolesterol Tinggi dalam Tubuh

Fimela.com, Jakarta Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh tubuh. Pada dasarnya, kolesterol membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak. Dalam kadar yang normal, kolesterol sebenarnya sangat dibutuhkan. Namun, dalam kadar yang berlebih, kolesterol sangat berbahaya buat kesehatan. Ini bahkan mengancam jiwa. 

Mengutip dari laman healthline.com, kolesterol tinggi dalam tubuh bisa meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, termasuk risiko jantung. Namun, jangan cemas Sahabat Fimela. Kita bisa mencegah naiknya kolesterol berlebih dalam tubuh dengan beberapa cara mudah. Ini tidak selalu memerlukan perubahan gaya hidup yang drastis. 

Berikut adalah beberapa cara mudah untuk mencegah naiknya kolesterol tinggi dalam tubuh. Cara ini bisa kita terapkan dalam rutinitas sehari-hari. Simak informasinya berikut ini.

Konsumsi Makanan Rendah Lemak Jenuh

Makanan tinggi lemak jenuh terutama lemak trans, bisa meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh. Mulainya untuk mengganti makanan berlemak tinggi dengan pilihan makanan rendah lemak. Makanan rendah lemak antaranya alpukat, kacang-kacangan, dan ikan berlemak. 

Penelitian yang diterbitkan dalam "The American Journal of Clinical Nutrition" (2017) mengungkapkan jika ada hubungan erat antara lemak sehat dan penurunan kolesterol LDL dalam tubuh. Semakin baik seseorang menjaga asupan lemak yang masuk ke tubuh, akan semakin rendah risikonya mengalami kenaikan kolesterol jahat.

Konsumsi Serat

Jangan pernah lupakan serat untuk konsumsi sehari-hari. Pastikan untuk senantiasa mengonsumsi makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh. Makanan tinggi serat ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. 

Serat larut dalam air yang ditemukan dalam oatmeal, apel, dan kacang polong terbukti efektif dalam mengurangi kolesterol jahat. Ini juga akan membantumu dapatkan tubuh yang lebih sehat, awet muda dan berat badan ideal. Makanan tinggi serat memungkinkanmu memiliki usia lebih panjang nantinya. 

Olahraga Teratur

Olahraga teratur seperti berjalan kaki, berlari, atau berenang, bisa meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dalam tubuh. Aktivitas ini juga membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Olahraga akan membantu mengendalikan berat badan dan meningkatkan kesehatan jantung. 

Studi yang diterbitkan dalam "Circulation" (2012) mengungkapkan jika olahraga teratur memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan fisik pun psikis. Ini juga memiliki manfaat luar biasa dalam menjaga kebahagiaan seseorang yang rutin melakukannya.

Batasi Konsumsi Gula dan Garam

Gula dan garam adalah bahan makanan yang tak bisa lepas dari kehidupan manusia setiap harinya. Tapi ingat, pastikan untuk lebih memerhatikan asupan gula dan garam setiap harinya. 

Mengonsumsi terlalu banyak gula dan garam dalam makanan bisa meningkatkan risiko obesitas dan tekanan darah tinggi. Ini juga bisa memengaruhi kadar kolesterol. Untuk mencegah naiknya kadar kolesterol, pilih makanan yang rendah gula serta garam. Atau sebagai alternatif yang lebih baik, konsumsi makanan dengan kandungan gula serta garam alami di dalamnya. Ini akan jauh lebih sehat.

Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Penting untuk menjalani pemeriksaan kesehatan secara rutin, termasuk pemeriksaan kadar kolesterol. Pemeriksaan kesehatan bisa membantu memantau tingkat kolesterol dalam tubuh. Ini akan membantumu mengambil langkah-langkah preventif jika diperlukan. Jangan pernah enggan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahlinya terkait kadar kolesterol dalam tubuhmu atau terkait kesehatanmu secara menyeluruh. 

Melakukan perubahan kecil dalam pola makan dan gaya hidup, bisa membantu mencegah naiknya kadar kolesterol dalam tubuh. Penting untuk diingat bahwa kolesterol tinggi rentan menyebabkan risiko penyakit jantung dan sejenis yang cukup mematikan. Pastikan untuk melakukan langkah pencegahan sebaik dan seefektif mungkin.  Pencegahan ini bisa membantumu memiliki kesehatan tubuh yang lebih optimal. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading