Sukses

Health

Tips Mempersiapkan Mental dengan Baik Agar Berhasil Diet Sehat

Fimela.com, Jakarta Beberapa studi menyebutkan apa yang kita makan dan minum dapat mempengaruhi apa yang kita rasakan. Namun hal tersebut dapat menjadi sulit terutama ketika makanan sehat jauh lebih mahal dibandingkan dengan makanan cepat saji. Tidak hanya itu, makanan dan minuman ini juga dapat mempengaruhi kesehatan mental kita. Berdasarkan makanan dan minuman yang dikonsumsi akan ada efek yang terlihat.

Sebuah penelitian yang dilakukan selama 10 tahun terakhir serta dikutip melalui The Center for Treatment and Anxiety and Mood Disorder, seorang pakar bernama Drew Ramsey, MD, asisten profesor klinik Universitas Colombia menyebutkan, "Risiko depresi akan meningkat sebanyak 80% ketika kamu membandingkan remaja dengan kualitas makanan yang kurang sehat atau yang kita sebut sebagai Western Diet, yaitu makanan tinggi lemak dan karbohidrat." 

Maka dari itu sebelum memulai diet sebaiknya kamu harus mempersiapkan kesehatan mental dengan baik. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai afirmasi diri yang positif serta yakin akan keberhasilan untuk mendapatkan hasil yang baik setelah melakukan diet. 

Masih bingung dengan hubungan makanan dan kesehatan mental serta apa yang harus dilakukan untuk mempersiapkan diet yang sehat dengan mental yang stabil dan juga terarah? Informasi dari Mind.Uk ini dapat membantumu untuk memilih makanan serta mengkondisikan mental yang baik agar diet dapat berjalan dengan lancar, berikut informasinya. 

 

Bagaimana makanan dan kesehatan mental bisa berkaitan antara satu sama lain? 

Tiap individu akan bereaksi berbeda pada isi dari makanan. Namun pada nyatanya banyak sekali makanan dan minuman yang dapat mempengaruhi apa yang kita rasakan dengan berbagai cara. Kondisi-kondisi apa saja yang berkaitan langsung dengan kesehatan mental melalui makanan? 

Kandungan gula pada darah

Jika kandungan gulamu lebih rendah dari biasanya, kamu mungkin akan merasa lelah, mudah emosi, serta depresi pada kondisi terparahnya. Makan secara teratur serta memilih makanan yang dapat melepaskan energi secara perlahan dapat membantu menjaga kandungan gula. Kamu dapat menjumpai makanan mulai dari roti gandum, serealia, kacang dan biji-bijian.

Cairan pada tubuh

Biasanya pada seorang individu yang memiliki gangguan mental akan sulit untuk minum secara teratur akan tetapi jika tubuh dehidrasi akan meningkatkan berbagai permasalahan pada tubuh. Air, teh, kopi, jus, dan smoothie mungkin dapat membantu dirimu menjadi lebih berenergi, sayangnya minuman-minuman tersebut juga dapat memberikan efek samping pada tubuh. Maka dari itu, atur kandungan cairan yang masuk pada tubuh. Jangan sampai berlebihan atau kekurangan. 

Buah dan Sayur 

Makan buah dan sayur dapat menjadi nutrisi yang baik pada makanan yang kamu konsumsi, kandungan pada buah dan sayur ini dapat menjaga kesehatan fisik dan mental sehingga akan lebih stabil dan terhindar dari berbagai gangguan. Buah dan sayuran segar biasanya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan buah beku maupun kering, kamu bisa gunakan dua jenis tersebut sebagai alternatif untuk nutrisi tubuh. 

 

Cara mempersiapkan mental untuk dapat menjalankan diet dengan baik

Sebelum melakukan diet tentu saja kamu harus mempersiapkan kondisi mental yang baik, cara-cara berikut dapat membantumu untuk mempersiapkan mental agar diet dapat dilakukan dengan baik. 

1) Tulis apa yang kamu rasakan

Jika bisa kamu dapat menulis apa saja yang kamu makan serta tulis juga apa yang kamu rasakan ketika sudah makan makanan tersebut kamu bisa menulis seperti:

  • Makanan tersebut apakah membuatmu semakin merasa buruk atau lebih baik
  • Makanan atau minuman tersebut membuatmu terjaga atau menambah energi
  • Makanan atau minuman tersebut mempengaruhi pola tidur 

 

2) Buat rencana ke depan

Untuk menjaga mental yang lebih baik sebaiknya kamu coba menulis rencana-rencana ke depan yang tidak hanya mempengaruhi mental tetapi juga dietmu seperti: 

Buat daftar bahan baku lebih untuk disimpan: Kamu bisa membuat daftar makanan yang dapat bertahan selama beberapa hari dan dibekukan setelah jadi sehingga ketika sedang malas masak bisa tinggal dihangatkan saja. 

Buat menu makanan yang mudah dibuat: Kamu juga bisa membuat menu makanan yang mudah dan cepat dibuat sehingga ketika menghadapi waktu dan situasi sempit kamu bisa menyiasatinya dengan baik, contohnya seperti kacang-kacangan di toast atau kentang siap masak.

Makan-makanan tersebut dapat bertahan lebih lama serta menghemat pengeluaran, manfaatkan juga belanja secara home delivery karena dapat menghemat waktu dan dapat membantu ketika kamu merasa tidak ingin berbelanja secara langsung di toko maupun supermarket. 

 

 

3) Buat proses membuat makanan menjadi lebih mudah

Membuat makanan sendiri memang membutuhkan banyak energi apalagi setelah makan enak masih harus mencuci dan membereskan peralatan, Cara untuk mengatasinya antara lain: 

Mencuci peralatan secepat mungkin: Cobalah untuk mencuci sedikit demi sedikit sembari menunggu dan mempersiapkan makanan. Hal ini dapat mengurangi rasa overwhelmed dengan jumlah cucian yang banyak setelah membuat makanan. 

Adapun jika kamu masih kesulitan untuk mencuci bekas piring maupun gelas setelah makan, kamu bisa menggunakan alternatif seperti tissue dapur atau peralatan sekali pakai.

Segera rendam tempat bekas makanan sebelum mencucinya: Dengan merendam secepat mungkin akan mempermudah untuk membersihkan sisa-sisa noda pada makanan. 

Buat makanan dalam 1 wadah: Terdapat berbagai resep serta cara masak praktis yang dapat dibuat dengan 1 wadah sehingga dapat mengurangi beban mencuci dan membereskan makanan. 

Gunakan bahan cepat pakai seperti buah-buahan dan sayuran beku: Dengan begitu kamu dapat menghemat waktu untuk membuat makanan, buah dan sayuran beku juga biasanya lebih murah dibandingkan yang biasa dijual di pasaran. 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Breaking Boundaries 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading